Rabu, 10 Juli 2019

Tunjang Kenyamanan Jemaah Haji, Bandara Juanda Sediakan Musala & Toilet Portabel

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya mendukung kesiapan pelaksanaan penerbangan Haji 2019 dengan penyediaan sejumlah fasilitas. Bahkan guna memberi kenyamanan lebih bagi para jemaah calon haji yang berangkat dari Bandara Juanda, maka PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda menyediakan 12 toilet portabel dan musala temporer. Toilet portable dan mushola temporer itu disediakan di area tunggu bus jemaah, sebelum menuju pesawat.

“Ada 12 unit toilet portable dan mushola temporary tepat di area tunggu bus jamaah menuju pesawat. Hal ini kami lakukan untuk antisipasi manakala ada jamaah yang hendak beribadah atau ke toilet saat menunggu bus yang akan menuju ke pesawat,” ujar Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Surabaya, Yuristo Ardi Hanggoro, Jumat (5/7), seperti dilansir Republika.

Di samping itu, pihak Bandara Juanda juga menyediakan pelayanan screening pemeriksaan keamanan jemaah dan barang bawaannya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Terdapat 65 petugas dan alat pemeriksaan keamanan seperti x-ray bagasi, x-ray kabin, dan walkthrough metal detector dipersiapkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. “Sehingga diharapkan jamaah yang memasuki bandara untuk menuju pesawat sudah dalam posisi steril dan siap on board,” ungkap Yuristo.

Sebanyak 499 jemaah calon haji kloter pertama diberangkatkan pada pukul 03.10 WIN dari Bandara Juanda menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dengan kode penerbangan S 5003. Untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk mensosialisasikan pada para calon jemaah haji di masing-masing embarkasi.

“Otoritas Bandara Wilayah III bekerja sama dengan para stakeholder terkait telah mensosialisasikan kepada seluruh calon jamaah haji tentang aturan keamanan dan keselamatan penerbangan terutama barang bawaan para calon jamaah haji yang dibawa ke dalam pesawat sesuai aturan yang berlaku,” kata Plt. Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Bandara Juanda Surabaya Nafhan Syahroni di Jakarta.

Ditemui secara terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti pun menuturkan jik Ditjen Hubud telah mempersiapkan angkutan penerbangan haji tahun 2019 supaya berjalan lancar dan akan terus memastikan seluruh penerbangan jemaah haji 2019 agar terlayani dengan baik.

“Kami telah mempersiapkan dan terus berkoordinasi secara intensif dengan semua stakeholder yang melayani penerbangan haji tahun ini, dan memastikan penerbangan haji tahun ini berjalan dengan lancar dan para jamaah bisa terlayani dengan baik dari mulai keberangkatan ke Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air,” tutupnya.