Kamis, 11 Juli 2019

Bandara Juanda Sediakan Layanan Screening Jemaah Haji di Asrama Sukolilo

Sidoarjo – Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan haji 2019, Bandara Internasional Juanda Surabaya menyediakan layanan screening pemeriksaan keamanan calon jemaah dan barang bawaannya ketika berada di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Setidaknya terdapat 65 personel Aviation Security (Avsec) yang disiapkan oleh PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda dan 24 di antaranya disiagakan di Asrama Haji Sukolilo.

“Jumlah personel Aviation Security yang disiapkan total 65 personel pada saat penerbangan haji. Dari jumlah tersebut, 24 personel di antaranya kami tempatkan di Asrama Haji Sukolilo. Jumlah personel Aviation Security yang disiapkan total 65 personel pada saat penerbangan haji. Dari jumlah tersebut, 24 personel di antaranya kami tempatkan di Asrama Haji Sukolilo,” kata General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo, seperti dilansir Ngopibareng.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro menjelaskan jika pelayanan screening ini sengaja disediakan untuk calon haji demi terciptanya kelancaran penerbangan haji tahun ini. “Petugas yang disiagakan di Asrama Haji Sukolilo tersebut akan melakukan pemeriksaan keamanan seperti X-ray bagasi, X-ray kabin, dan walkthrough metal detector,” ungkapnya.

“Sehingga, diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah steril karena telah melewati screening. Mereka dapat langsung masuk ke pesawat,” tutur Heru. Selain menyiapkan pelayanan screening pemeriksaan keamanan calon jemaah haji, Bandara Juanda juga meningkatkan kategori Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) dari kategori 8 menjadi kategori 9.

Menurut Heru, peningkatan itu merupakan kenaikan dari volume bahan pemadam api yang sebelumnya 18.200 liter menjadi 24.300 liter. Langkah tersebut diambil oleh pihak manajemen Bandara Juanda supaya memenuhi syarat kategori 9, terlebih karena penerbangan haji tahun ini akan memakai armada pesawat berbadan besar Boeing 747-400.

“Kami telah memastikan kesiapan SDM dan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji tahun 2019 bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Saudi Arabian Airlines, JAS, Pertamina dan Perum Damri serta instansi terkait lainnya,” ungkap Heru.