Kamis, 16 Mei 2019

Tingkatkan Keamanan & Keselamatan, Bandara Juanda Siapkan Posko Mudik Lebaran

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya berupaya untuk meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai program 3S +1C (Safety Security, Services dan Compliance) di segala aktivitas, termasuk ketika menjelang arus mudik Lebaran 2019.

Menurut Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo, peningkatan keselamatan penerbangan ini dilakukan guna menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang yang hendak melakukan perjalanan melalui Bandara Juanda. “Kami terus meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S +1C,” papar Yuristo, seperti dilansir Antara.

Selama pelaksanaan Lebaran kelak, pihak Bandara Juanda akan menyediakan posko. Selain untuk pengawasan, posko tersebut juga bertugas untuk mencatat pergerakan angkutan udara selama Lebaran agar kemudian bisa diteruskan ke posko terpadu pusat. “Posko akan dibuka di dua tempat, yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda,” ucap Yuristo.

Posko monitoring angkutan Lebaran 2019 ini akan dilaksanakan selama 16 hari sejak H-7 Lebaran, yakni tanggal 29 Mei 2019 sampai H+7 atau 13 Juni 2019. “Kami juga melibatkan pemangku kepentingan di Bandara Juanda untuk posko tersebut,” papar Yuristo.

Lebih lanjut Yuristo memaparkan, pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam posko monitoring angkutan Lebaran 2019 di Bandara Juanda antara lain Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Lanudal Juanda, TNI AD, TNI AU dan juga dari kepolisian. “Selain itu juga ada unsur tambahan lainnya seperti Airnav, Airlines, Ground Handling, BMKG, dan juga dari Basarnas,” sambung Yuristo.

Selama Hari Raya Idul Fitri 2019, Bandar Udara Internasional Juanda akan beroperasi selama 24 jam penuh sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: INST 02 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H). “Selama Bulan Ramadhan ini kami juga membagikan sebanyak 1.200 takjil setiap hari kepada calon penumpang baik itu di Terminal 1 Bandara Juanda juga di Terminal 2 Bandara Juanda,” tutur Yuristo.