Selasa, 14 Mei 2019

Maintenance Pesawat, Wings Air Kurangi Frekuensi Rute Surabaya-Sumenep

SURABAYA – Wings Air memutuskan untuk mengurangi frekuensi penerbangan rute Surabaya-Sumenep PP yang menghubungkan antara Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Trunojoyo. Jika awalnya penerbangan tersebut beroperasi setiap hari, kini dikurangi menjadi hanya empat kali dalam seminggu. Untungnya, penurunan frekuensi penerbangan tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu.

“Pengurangan jadwal terbang Wings Air itu terhitung mulai Kamis (9/5) hingga tanggal 20 Mei 2019, untuk rute Surabaya-Sumenep maupun sebaliknya,” jelas Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyatno. “Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu tidak ada penerbangan. Selain tiga hari itu, tetap terbang seperti biasa.”

Indra menambahkan, berdasarkan surat yang dilayangkan pihak Wings Air kepada manajemen bandara, pengurangan frekuensi penerbangan hingga tiga kali seminggu itu lebih disebabkan maintenance pesawat, bukan karena turunnya jumlah penumpang. Indra sendiri menjelaskan bahwa maintenance pesawat sangat diperlukan menghadapi lonjakan penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran serta liburan sekolah.

Senada, Station Manager Wings Air Sumenep, Bayu Kristanto, mengatakan bahwa pengurangan frekuensi penerbangan dilakukan karena semua pesawat disiapkan masuk ke hanggar. Hal itu sebagai persiapan untuk menghadapi musim mudik Lebaran. “Itu untuk memastikan pesawat-pesawat yang akan melayani pengguna jasa dalam kondisi baik pada arus mudik Lebaran nanti,” kata Bayu.

Sementara itu, Kabid Angkutan dan Pengujian Sarana Dinas Perhubungan Sumenep, Mohammad Thayyib, menuturkan bahwa pengurangan jadwal penerbangan wajar dilakukan, baik karena faktor perawatan maupun penurunan penumpang. Jika rute penerbangan kembali ramai, kemungkinan besar maskapai akan kembali menambah frekuensi terbang.

“Pengurangan jadwal penerbangan sebenarnya tidak menjadi masalah, tetapi saya meminta maskapai bisa kembali membuka pelayanan penerbangan setiap hari,” ujar Thayyib. “Kami harap sebelum Lebaran nanti, Wings Air bisa beroperasi setiap hari lagi untuk rute Surabaya-Sumenep PP.”

Wings Air telah mengoperasikan rute Surabaya-Sumenep PP sejak September 2017 lalu. Penerbangan tersebut dilayani Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR-72 yang berkapasitas maksimal 72 orang penumpang. Untuk tahun ini, peak season penumpang diperkirakan cukup panjang, mulai 20 Mei hingga 26 Juli 2019.