Sabtu, 11 Mei 2019

Jelang Mudik Lebaran, Bandara Juanda Siapkan 568 Penerbangan Tambahan

Sidoarjo – Menjelang pelaksanaan angkutan Lebaran 2019, Bandara Internasional Juanda Surabaya menerima pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight dari sejumlah maskapai, baik untuk penerbangan domestik dan juga internasional.

“Ya memang benar. Ada beberapa maskapai yang meminta extra flight datang dan pergi baik untuk rute domestik maupun internasional,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Heru Prasetyo, Jumat (10/5), seperti dilansir Tribunnews.

Berdasarkan data pada hari Kamis (9/5) lalu, Bandara Juanda telah menerima 568 pengajuan jadwal penerbangan tambahan. “Yang terbagi menjadi 36 extra flight untuk rute tujuan Singapura dan 6 extra flight untuk Kuala Lumpur. Sedangkan untuk rute domestik, 152 penambahan penerbangan tujuan Balikpapan, 100 extra flight Banjarmasin, 80 flight tujuan Samarinda, 78 flight tujuan Denpasar, 40 flight tujuan Palangkaraya, 40 flight tujuan Batam, dan 40 flight tujuan Pontianak,” ungkap Heru.

“Adapun maskapai yang telah mengajukan extra flight sampai saat ini yakni JetStar dan Malaysia Airlines untuk penerbangan internasional. Sedangkan untuk penerbangan domestik yakni Air Asia, Lion Air, Batik Air dan Sriwijaya Air. Kami masih tetap menunggu pengajuan extra flight dari maskapai lain sebagai antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun arus balik libur lebaran,” sambung Heru.

Tak hanya menambah jadwal penerbangan, pihak Bandara Juanda juga akan mendirikan posko pelayanan selama masa angkutan Lebaran. Posko tersebut sengaja disediakan untuk memonitor dan mencatat pergerakan angkutan udara lebaran dan melaporkannya kepada Posko Terpadu Pusat. Posko ini dibuka di 2 titik, yaitu Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Juanda.

Selama Hari Raya Idul Fitri 2019, Bandara Juanda juga akan beroperasi selama 24 jam penuh. Ada pula sejumlah fasilitas yang sudah rampung digarap guna meningkatkan kualitas layanan, yaitu relokasi area parkir kendaraan roda 2 dengan kapasitas tampung 1.620 kendaraan untuk Terminal 1 dan 1.404 kendaraan untuk Terminal 2. Sementara itu, untuk kendaraan roda 4 juga ada penambahan area parkir, saat ini di Terminal 1 memiliki kapasitas 1.960 kendaraan dan di Terminal 2 mencapai 1.183 kendaraan.