Rabu, 08 Mei 2019

Bandara Juanda & KKP Kelas 1 Surabaya Komitmen Wujudkan Bandar Udara Sehat

Sidoarjo – Dalam rangka mewujudkan bandar udara sehat, Bandara Internasional Juanda Surabaya menandatangani nota kesepahaman dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya. MoU tersebut ditandatangani oleh General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M. Kes. di kantor KKP Surabaya I pada Jumat (3/5) lalu.

PT AP Cabang Juanda sengaja menyelenggarakan bandara sehat guna mewujudkan kondisi wilayah bandara yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk komunitas pekerja serta masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya. Hal ini juga tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2014.

“Kami selaku Manajemen PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda Surabaya mendukung terselenggaranya Program Bandara Sehat yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam hal ini KKP Kelas I Surabaya. Karena dengan terselenggaranya program ini, selain untuk mewujudkan kondisi wilayah Bandar Udara yang bersih dan sehat, juga dapat dijadikan sebagai added value Bandar Udara Internasional Juanda di mata para pengguna jasa,” jelas Heru, seperti dilansir Bisnis.

Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam nota kesepahaman tersebut meliputi upaya sinkronisasi pelaksanaan program bandar udara sehat, integrasi dan pertukaran data dan informasi terkait pelaksanaan program kerja dalam upaya mewujudkan bandar udara sehat, pembuatan analisis dan kajian bersama mengenai pelaksanaan program kerja dalam upaya mewujudkan bandar udara sehat, kerjasama pada event-event tertentu dalam rangka mewujudkan bandar udara sehat, dan bidang-bidang lain yang disepakati sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, untuk pelaksanaannya Bandara Juanda juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan seperti penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja dan peningkatan keamanan dan ketertiban.

Heru pun mengungkapkan, pihak Bandara Juanda sendiri sebenarnya sudah melaksanakan program bandara sehat sebelum ditandatanganinya nota kesepahaman dengan pihak KKP tersebut. “Kami sebenarnya telah melakukan program-program pada semua kategori bandara sehat, misalnya pada kriteria penyelenggaraan kesehatan lingkungan, kami telah melakukan pemantauan kualitas lingkungan tiap semester, pemeriksaan higienitas dan sanitasi tenant food & beverage dan pest & rodent control,” tutupnya.