Sabtu, 18 Mei 2019

Antisipasi Kecelakaan Kerja, Bandara Juanda Gelar Seminar Safety Awareness

Sidoarjo – Dalam rangka menghadapi musim angkutan Lebaran 2019, PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda mengadakan seminar safety awareness di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Seminar ini sengaja diadakan untuk membahas tentang berbagai risiko kerja yang mungkin bisa saja terjadi di lingkungan Bandara Juanda.

“Risiko kerja di bandara sangat luar biasa tinggi, baik bagi pengguna jasa bandara maupun pekerja bandara. Untuk itu sangatlah penting seminar tentang safety awareness ini. Agar dapat memahami keselamatan dan keamanan dunia penerbangan termasuk hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja,” ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Heru Prasetyo, Kamis (16/5), seperti dilansir Tribunnews.

Seminar yang memang diselenggarakan secara rutin setiap tahun ini dihadiri pula oleh Vice President Safety Airport PT Angkasa Pura I, Subakir sebagai narasumber. Dalam seminar tersebut membahas tentang 5 poin yang berkaitan dengan keselamatan kerja di Bandara Juanda. Poin-poin tersebut meliputi Runway Safety Awareness, FOD Safety Awareness, Apron Safety Awareness, Birdstrike Safety Awareness, dan Terminal Fire Awareness.

Lebih lanjut Heru memaparkan bahwa dalam seminar itu selain diberikan penjelasan juga menjadi sebuah wadah untuk bertukar pikiran dan ide yang berhubungan dengan keselamatan kerja di Bandara Juanda. “Harapannya dengan acara safety awareness ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan Bandara Internasional Juanda. Baik yang disebabkan oleh faktor kesalahan manusia maupun faktor teknis lainnya,” jelas Heru.

Tak cukup sampai di situ, selama masa arus mudik dan balik Lebaran kelak, Bandara Juanda juga akan beroperasi selama 24 jam penuh dan menyediakan pos komando atau posko yang berfungsi sebagai titik pengawasan dan juga bertugas mencatat pergerakan angkutan udara selama Lebaran. “Posko akan dibuka di dua tempat, yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda,” kata Menurut Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo.

Adapun posko monitoring angkutan Lebaran 2019 tersebut akan dibuka selama 16 hari sejak H-7 Lebaran, yakni tanggal 29 Mei 2019 sampai H+7 atau 13 Juni 2019. Dalam posko tersebut Bandara Juanda akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Lanudal Juanda, TNI AD, TNI AU, dan kepolisian.