Minggu, 31 Maret 2019

Puncak Kampanye Earth Hour 2019, Bandara Juanda Padamkan Listrik Selama 1 Jam

Surabaya – Bertepatan dengan peringatan Earth Hour 2019, Bandara Internasional Juanda Surabaya melakukan pemadaman listrik selama 1 jam mulai pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB pada Sabtu (30/3). Acara pemadaman ini adalah puncak peringatan Earth Hour 2019. Untuk mendukung kampanye tersebut, Bandara Juanda memadamkan listrik hanya di area anjungan lobi Terminal 1.



“Kegiatan pemadaman listrik ini tidak akan mengganggu operasional bandara,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Heru Prasetyo, Sabtu (30/3), seperti dilansir Liputan6.

Lebih lanjut Heru menjelaskan bahwa pemadaman tersebut tidak serta merta memadamkan seluruh lampu di terminal yang ada di Bandara Juanda, tetapi hanya mematikan lampu di area anjungan lobby, sehingga tidak mengganggu operasional Bandara Juanda dalam melayani para pengguna jasa kebandarudaraan.

“Kami juga telah menginformasikan melalui sosial media dan announcement di bandara kepada seluruh masyarakat terkait kegiatan switching off serta mengajak untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour di bandara,” ungkap Heru.

Bentuk dukungan Bandara Juanda terhadap Earth Hour 2019 tidak hanya diwujudkan lewat aksi pemadaman listrik, tetapi juga mengadakan aksi penanaman bibit pohon bakau di Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya Jawa Timur, Jumat pagi (29/3) lalu.

“Bumi adalah titipan yang akan kita wariskan kepada anak cucu. Maka dari itu, kita semua perlu untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan demi kelangsungan para generasi penerus di masa yang akan datang,” jelas Heru.

Tak cukup sampai di situ, pihak Bandara Juanda juga melakukan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Earth Hour 2019, di antaranya sosialisasi untuk menjaga bumi pada para pengguna jasa kebandarudaraan melalui penayangan video di seluruh media digital bandara. Ada pula kegiatan Rampok Plastik, yakni menukar plastik dengan goodie bag berbahan non plastik dan aktivasi serta display Eco-Brick yang dibuat dari hasil rampok plastik para pengguna jasa.

“Dengan telah terlaksananya rangkaian kegiatan dalam rangka Earth Hour 2019, kami telah berpartisipasi dalam mewujudkan salah satu misi PT Angkasa Pura I (Persero) yaitu memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan,” ucap Heru. Selain di Bandara Juanda, PT Angkasa Pura (AP) I juga melaksanakan kampanye serupa untuk memperingati Earth Hour di 12 bandara lain yang berada di bawah pengelolaan AP I.