Sabtu, 30 Maret 2019

Peringati Earth Hour 2019, Bandara Juanda Tanam 555 Bibit Pohon Mangrove

Sidoarjo – Untuk memperingati Earth Hour 2019, PT Angkasa Pura (AP) I Juanda mengadakan aksi tanam 555 bibit pohon mangrove. Kegiatan ini dipusatkan di Hutan Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur dan diikuti oleh seluruh pegawai PT AP I dari berbagai divisi.

“Bumi adalah titipan yang akan kita wariskan kepada anak cucu. Maka dari itu, kita semua perlu untuk bertanggung jawab dan bersama merawat lingkungan. Demi kelangsungan generasi penerus di masa yang akan datang,” kata General Manager Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo, Jumat (29/3), seperti dilansir Tribunnews.

Heru pun membeberkan alasan mengapa pihaknya melakukan penanaman bibit pohon mangrove. “Hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai. Dan manfaatnya begitu besar, seperti mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, serta sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa. Oleh karena itu, kali ini kita melakukan penanaman bibit pohon mangrove,” paparnya.

Staff Operasional Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Ani Sofiatun menambahkan jika bibit pohon mangrove yang ditanam oleh PT Angkasa Pura I Cabang Juanda merupakan jenis Rhizophora Mucronata atau yang dalam bahasa lokal lebih dikenal dengan nama tinjang.

“Bibit ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Yaitu kalau sudah tumbuh besar, akarnya kuat mencengkeram tanah sehingga bagus menahan abrasi. Sedangkan buahnya dapat digunakan untuk pewarna batik,” ungkap Ani.

Lebih lanjut Ani juga mengaku berterima kasih atas partisipasi dari pihak PT AP I Juanda yang sudah peduli terhadap kelestarian hutan mangrove. “Semoga acara seperti ini tidak berhenti di sini saja. Namun juga dapat terus berkelanjutan ke depannya,” pungkas Ani.

Tak hanya penanaman bibit pohon mangrove, Bandara Internasional Juanda Surabaya juga akan melakukan pemadaman listrik sekitar 1 jam sejak pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB pada hari ini, Sabtu (30/3). Pemadaman listrik ini hanya dilakukan di area anjungan lobi Terminal 1. “Kegiatan pemadaman listrik ini tidak akan mengganggu operasional bandara,” ungkap Heru.