Rabu, 20 Maret 2019

Keren, Bandara Juanda Hadirkan Gambar 3D di Toilet Terminal 2

SURABAYA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan potensi pariwisata suatu daerah. Pihak PT Angkasa Pura I misalnya, menghadirkan toilet dengan hiasan gambar tiga dimensi atau 3D di area Terminal 2 Bandara Internasional Juanda. Langkah ini dilakukan dalam upaya untuk lebih memperkenalkan sektor pariwisata Provinsi Jawa Timur kepada para wisatawan.

Ketika memasuki toilet di Bandara Juanda, pengunjung pasti akan merasa seperti berada di Gunung Bromo dan Air Terjun Toroan Madura. Pasalnya, toilet yang ada di area kedatangan Terminal 2 diberi sentuhan gambar tiga dimensi objek wisata tersebut. Gambar 3D Gunung Bromo terletak di toilet pria, sedangkan gambar 3D Air Terjun Toroan Madura berada di toilet wanita.

“Toilet dengan konsep gambar 3D tersebut menciptakan pengalaman yang akan mengesankan bagi pengguna jasa bandara,” papar Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, dilansir Tribun Jatim. “Toilet 3D ini dapat menjadi media promosi yang efektif bagi wisata di Jawa Timur.”

Salah satu pengguna toilet, Widodo, mengaku takjub dengan gambar 3D yang terpasang. Menurutnya, gambar 3D tersebut sangat bagus, apalagi jika tidak dipasang di dinding saja, melainkan juga di lantai. “Bahkan, di tiap pintu kloset juga ikut dipasang. Seolah saya merasa di Gunung Bromo saja,” kata Widodo.

Bandara Internasional Juanda sendiri menyediakan total 86 toilet di seluruh area terminal. Sebanyak 24 toilet diletakkan di Terminal 1A, 28 toilet lainnya berada di Terminal 1B, sedangkan 34 toilet sisanya terletak di Terminal 2. Pihak Bandara Juanda pun akan menggandeng Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) setiap tahunnya untuk melakukan supervisi serta penilaian.

Jika Gunung Bromo sudah cukup familiar bagi banyak wisatawan, mungkin tidak demikian dengan Air Terjun Toroan. Ini adalah objek wisata yang berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini berdampingan dengan sebuah pantai, sehingga menyajikan pemandangan yang berbeda dari air terjun lainnya.