Senin, 25 Februari 2019

Target 22 Juta Penumpang, T1 Bandara Juanda Diperluas

SURABAYA – PT Angkasa Pura I menargetkan Bandara Internasional Juanda di Kabupaten Sidoarjo mampu melayani 21.976.400 penumpang dan 162.905 pergerakan pesawat sepanjang tahun 2019 ini. Untuk mencapai target tersebut, segala upaya dikerahkan, termasuk dengan rencana memperluas Terminal 1 Bandara Internasional Juanda dan penambahan rute penerbangan.



“Manajemen Bandara Juanda yakin target 2019 dapat tercapai melalui penambahan fasilitas dan peningkatan layanan,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Heru Prasetyo. “Penambahan jumlah rute penerbangan ke beberapa destinasi domestik maupun internasional pada Januari 2019, seperti di Samarinda dan Kuala Lumpur, memberikan kami keyakinan dan optimisme dalam semua target.”

Upaya lain yang dilakukan adalah memperluas atau mengembangkan Terminal 1. Pengembangan terminal tersebut setidaknya akan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap I, terminal akan diperluas ke arah timur seluas 29 ribu meter persegi, sehingga total luasan menjadi 91,7 ribu meter persegi dengan kapasitas penumpang 8,77 juta orang per tahun.

“Sementara, pengembangan Terminal 1 tahap kedua akan diperluas ke arah barat seluar 45 ribu meter persegi, sehingga secara keseluruhan kapasitas Terminal 1 akan menjadi 15,17 juta penumpang per tahun,” sambung Heru. “Pengembangan Terminal 1 merupakan keniscayaan mengingat dengan 62.700 meter persegi luas keseluruhan terminal. Aktual penumpangnya mencapai 15,68 juta, sedangkan kapasitas ideal terminal untuk 6 juta penumpang per tahun.”

Heru berharap, dengan adanya perluasan ini, dapat meningkatkan jumlah penumpang yang akan melalui Bandara Internasional Juanda. Heru juga berjanji akan terus membenahi beberapa fasilitas publik yang ada di dalam Bandara Internasional Juanda untuk menunjang pelayanan. “Semua ini untuk pelayanan kepada pengguna jasa transportasi udara agar lebih nyaman dan aman dalam melakukan aktivitas melalui Bandara Juanda,” tambah Heru.

Sepanjang tahun 2018 kemarin, Bandara Internasional Juanda mencatatkan statistik pergerakan lalu lintas udara yang positif. Sebanyak 20,9 juta penumpang sudah dilayani bandara ini atau naik 4,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, jumlah pergerakan pesawat juga naik 5,2 persen menjadi 156.519 pergerakan.