Jumat, 08 Februari 2019

Sempat Tutup Karena Runway Rusak, Bandara Juanda Kini Sudah Beroperasi Kembali

Tangerang – Sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Kamis (7/2) kemarin mengalami delay atau keterlambatan. Delay penerbangan ini terjadi akibat Bandara Juanda yang ditutup karena adanya kerusakan dan perbaikan pada runway atau landasan pacu. Hal ini tertulis dalam NOTAM A0539/19 yang dikeluarkan sesuai prosedur pada pukul 09.15 WIB.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengungkapkan jika kondisi Bandara Soetta masih aman walaupun ada delay penerbangan ke Surabaya. “Betul, kami sudah koordinasi dengan pihak maskapai untuk melakukan pemberitahuan pada penumpang bila terjadinya delay baik itu tujuan Jakarta-Surabaya dan sebaliknya,” kata Febri, Kamis (7/2), seperti dilansir Tribunnews.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan kemarin, terdapat beberapa penerbangan yang mengalami penundaan dan divert, antara lain 2 penerbangan Garuda Indonesia, 3 penerbangan pesawat Batik Air, dan 1 penerbangan dari Sriwijaya Air. Akan tetapi pada pukul 11.56 WIB Bandara Juanda sudah kembali dibuka setelah tutup selama sekitar 3 jam sejak pukul 09.15 WIB.

Perbaikan landasan pacu (runway) 10 dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. “Kami telah menyelesaikan perbaikan pada runway 10 sebagai bentuk komitmen terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,” ujar Heru Prasetyo General Manager Bandar Udara Internasional Juanda.

Lebih lanjut Heru menjelaskan jika kini operasional penerbangan di Bandara Juanda sudah kembali normal, sehingga diharapkan para maskapai bisa mempersiapkan secara kondusif keberangkatan para calon penumpang yang sebelumnya terkena dampak penutupan sementara Bandara Juanda tersebut.

“Adapun penerbangan kedatangan pertama yaitu Citilink QG 417 dari Pontianak sedangkan untuk pemberangkatan penerbangan pertama dari Bandar Udara Internasional Juanda yaitu Lion Air JT 856 tujuan Palembang. Informasi lebih lanjut mengenai status operasional penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Juanda, penumpang dapat menghubungi contact center 172 dan bagi seluruh penumpang diimbau untuk memperbaharui informasi terkait status penerbangan Anda dengan maskapai penerbangan,” tandas Heru.