Kamis, 14 Februari 2019

Rute Domestik Masih Mahal, Tiket Pesawat Aceh-Surabaya Lebih Murah Via Kuala Lumpur?

Jakarta – Hingga kini masyarakat masih mengeluhkan harga tiket pesawat rute domestik yang dinilai mahal. Bahkan beredar kabar yang menyebutkan jika harga tiket pesawat Air Asia ke Surabaya via Kuala Lumpur justru jauh lebih murah dibandingkan naik maskapai dalam negeri.

Seperti dilansir Detik, tiket penerbangan AirAsia dari Banda Aceh ke Surabaya sendiri tarifnya sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1,7 juta. Penerbangan ini mengharuskan penumpang untuk transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Sementara itu, untuk maskapai lokal seperti Garuda Indonesia memasang harga tiket pada rute yang sama sebesar Rp 4 juta hingga Rp 4,3 juta. Penerbangan itu transit dulu di Bandara Soekarno-Hatta sebelum menuju Bandara Juanda Surabaya.

Kemudian maskapai Lion Air menawarkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan Garuda. Yakni sebesar Rp 1,9 juta hingga Rp 2,8 juta untuk rute yang sama, tetapi transit terlebih dahulu di Bandara Kualanamu, Medan. Dari data tersebut terlihat bahwa dua maskapai lokal yang transit dalam negeri tarifnya justru lebih mahal dibanding maskapai internasional yang transit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Menurut VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, harga tiket pesawat untuk rute dari Aceh ke Surabaya tersebut memang wajar. Pasalnya penerbangan Aceh-Surabaya memang harus transit terlebih dahulu di Jakarta. “Kan dari Aceh ke Surabaya memang ada transit dulu ya, jadi ya wajar harga segitu, itu harga normalnya kita memang seperti itu,” kata Ikhsan, Kamis (7/2), seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Ikhsan memaparkan jika harga tiket tersebut bisa dibilang berada pada batasan yang wajar. Pasalnya pihak Garuda Indonesia menetapkan harga tiket di bawah tarif batas atas yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Harga kita itu sudah ada range-nya pas di antara tarif atas dan tarif bawah pada PM 14. Dari Aceh ke Jakarta saja itu tarif atasnya sekitar Rp 2,9 juta, lalu ditambah lagi Jakarta ke Surabaya sekitar Rp 1,6 juta, tinggal tambahkan saja,” pungkas Ikhsan.