Kamis, 07 Februari 2019

Mei 2019 Jadwal Penerbangan Sumenep-Surabaya Kembali Dilayani Wings Air Setiap Hari

Sumenep – Jadwal penerbangan di Bandara Trunojoyo yang dilayani oleh maskapai Wings Air telah dikurangi sejak beberapa waktu yang lalu. Mulai tanggal 24 Januari 2019, penerbangan di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura dikurangi jadi hanya 4 kali dalam seminggu akibat sepinya penumpang. Namun kabarnya pengurangan jadwal penerbangan ini hanya berlaku sampai 30 April 2019 mendatang dan mulai Mei 2019 jadwal penerbangan akan kembali normal.

Menurut Station Manager Wings Air Sumenep Bayu Kristanto, pemberlakuan penerbangan 4 kali dalam sepekan adalah kebijakan dari manajemen Wings Air pusat. Pihaknya yang berada di daerah hanya melaksanakan. “Empat kali dalam seminggu berakhir 30 April. Mei normal lagi seperti biasanya,” ujar Bayu, Selasa (5/2), seperti dilansir Jawa Pos.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan jika perubahan jadwal penerbangan dilakukan akibat banyak sebab. Selain karena adanya keputusan dari pihak manajemen pusat, juga disebabkan karena faktor cuaca dan sepinya penumpang. Supaya pihak maskapai Wings Air tidak merugi, alhasil jadwal penerbangan pun dikurangi jadi 4 kali saja dalam sepekan, yaitu hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. “Sekarang musim penghujan. Cuaca berpengaruh terhadap penerbangan,” kata Bayu.

Jumlah penumpang yang terbang melalui Bandara Trunojoyo memang kurang menggembirakan. Pada hari Minggu (3/2) untuk rute penerbangan Sumenep ke Bandara Internasional Juanda Surabaya hanya ada 3 penumpang. Sedangkan rute dari Surabaya ke Sumenep lebih sedikit, hanya 2 orang. “Akhirnya dibatalkan. Penumpang diikutkan penerbangan Senin,” jelas Bayu.

Bayu menjelaskan jika sepinya penumpang pada rute Sumenep-Surabaya ini juga disebabkan karena musim hujan. Kekhawatiran masyarakat untuk bepergian melalui jalur udara masih tinggi. Oleh sebab itu pihaknya memperkirakan jika bulan Mei 2019 mendatang kemungkinan penumpang akan kembali ramai karena telah memasuki musim kemarau. “Sebenarnya saya kasihan kalau di-cancel. Takut ada keperluan. Tapi, bagaimana lagi kalau jumlah penumpang hanya tiga orang,” jelasnya.

Menurutnya, penerbangan Wings Air tak terlalu ramai lantaran bukan pesawat berukuran besar. “Semoga nanti ramai pada bulan Mei,” tuturnya. Akan tetapi rencana penerbangan normal pada bulan Mei 2019 tersebut masih belum dapat dipastikan, sehingga bisa saja berubah. “Tapi sesuai rencana, akhir April batas waktu penerbangan empat kali dalam seminggu,” kata Bayu.