Senin, 11 Februari 2019

Kemenhub Kampanye Keselamatan Penerbangan di Bandara Juanda

SURABAYA – Pada hari Minggu (10/2) kemarin, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJU) Kementerian Perhubungan melakukan acara kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan secara serempak di 10 bandara Tanah Air. Acara bertemakan ‘Selamanya’ tersebut salah satunya diadakan di Bandara Internasional Juanda, yang bertujuan memberikan edukasi keselamatan dan keamanan penerbangan kepada calon penumpang.



Meski hujan turun cukup deras, namun kampanye keselamatan penerbangan di Bandara Juanda kemarin berjalan sesuai jadwal dan disambut antusias oleh para penumpang. Kampanye ‘Selamanya’ ini dipimpin oleh OTBAN III Surabaya, Nafhan Syahronidan Bagus Sunjoyo, serta Kepala Balai Kalibrasi Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Dilansir Suara Merdeka, di Bandara Juanda, kampanye keselamatan penerbangan diawali dengan melihat langsung situasi kerja di pintu pemeriksaan x-ray di pintu ke keberangkatan Terminal 1. Selama beberapa menit , Kepala Otoritas Bandara dan rombongan menyaksikan pemeriksaan terhadap sejumlah penumpang.

Setelah itu, kampanye dilanjutkan dengan melihat proses chek-in di sejumlah counter tiket pesawat, antara lain Lion Air dan Citilink. Saat melihat proses chek-in tersebut, dilakukan dialog dengan sejumlah penumpang. Kepada beberapa penumpang, ditanyakan mengenai proses layanan terhadap penumpang, mulai layanan check-in, penyebaran informasi, dan informasi lain terkait kenyamanan pelayanan.

Usai melihat proses check-in dan dialog dengan sejumlah penumpang, kampanye dilanjutkan dengan memeriksa kelayakan pesawat seperti melihat kelayakan roda pesawat, bahkan pramugari serta teknisi pesawat pun ditanyai tentang sosialisasi kampanye keselamatan. Pemeriksaan roda pesawat dilakukan terhadap pesawat Batik Air. Demikian pula peninjauan saat penumpang memasuki pesawat dilakukan kepada penumpang yang naik pesawat Batik Air.

Pihak PT Angkasa Pura I sendiri mendukung kegiatan tersebut dengan melakukannya secara serentak di lima bandara besarnya. Selain di Bandara Juanda, kampanye serupa juga dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Kami sangat memegang teguh prinsip safety, security, service, and compliance atau biasa dikenal sebagai 3S1C pada setiap kegiatan operasional kami di bandara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi. “Karena itu, kami mendukung penuh segala bentuk upaya perwujudan hal tersebut, termasuk salah satunya adalah kegiatan Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan di beberapa bandara Angkasa Pura I ini.”