Jumat, 18 Januari 2019

Tiket Pesawat Mulai Turun, Harga Tiket Pesawat Banjarmasin-Surabaya Kini Rp 660 Ribu

Banjarmasin – Setelah sempat menginjak angka Rp 1 jutaan untuk harga termurahnya, kini harga tiket pesawat untuk seluruh tujuan domestik mulai beranjak turun. Walaupun penurunannya tak terlalu signifikan, namun para pengguna jasa rupanya merespons positif terhadap penurunan harga tiket pesawat ke berbagai rute dalam negeri tersebut.

Menurut salah seorang warga Banjarmasin bernama Sutarna, ia sering membeli tiket pesawat untuk kepentingan dinas, oleh sebab itu ia mengharapkan tarif tiket bisa kembali normal. “Tentu sangat senang harga turun, tapi ya tidak terlalu berpengaruh karena harganya kan bisa naik turun tergantung tanggal, kalau kami harus berangkat tanggal tertentu dan saat lagi naik harganya, apa boleh buat,” jelas Sutarna, Senin (14/1), seperti dilansir Tribunnews.

Misalnya saja pada rute penerbangan Banjarmasin menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya, harga tiket maskapai Lion Air yang sehari sebelumnya mencapai Rp 852 ribu, kemudian turun jadi Rp 660 ribu saja. Lalu pada rute Banjarmasin-Surabaya yang dilayani Citilink sebelumnya Rp 1,2 juta, turun jadi Rp 825 ribu, sedangkan untuk maskapai Garuda Indonesia masih berkisar Rp 3 jutaan.

Petugas tiketing PT Lintas Barito Express, Lili menjelaskan bahwa penurunan harga tiket telah berlangsung sejak Minggu (14/1) malam. “Ada pelanggan yang mengabarkan tentang penurunan harga, langsung saya cek dan ternyata benar. Informasi lainnya dari beberapa sumber online, penurunan bakal terjadi 60 persen namun secara bertahap. Dan malam itu juga ada calon penumpang yang pesan tiket ke saya,” ucap Lili.

Petugas lainnya bernama Sari menambahkan jika penurunan tarif ini masih belum stabil. “Sejauh ini turunnya masih belum stabil, memang ada beberapa yang turun tapi bisa kembali lagi ke harga yang mahal seperti awal tahun kemarin,” ucapnya.

Terkait penurunan harga tiket, General Manager Lion Air Banjarmasin, Agung Purnama juga membenarkan hal tersebut berdasar hasil persetujuan dengan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia atau INACA. “Kami lagi bertahap untuk penurunan harga, bisa di cek rute tujuan domestik rata-rata sudah turun, rute Banjarmasin-Surabaya menjadi Rp 660.000,” ujarnya.

Sementara itu, untuk penerapan bagasi berbayar Lion Air, Agung mengatakan jika pihaknya pun akan segera memberlakukan peraturan terbaru di Banjarmasin. “Ketentuan bagasi berbayar informasi sementara dari manajemen akan tetap diterapkan pada 16 Januari 2019. Harga bagasi pun sudah kami turunkan juga tarifnya,” paparnya.