Jumat, 11 Januari 2019

Tak Lagi Setiap Hari, Kini Wings Air Layani Rute Sumenep-Surabaya Hanya 4 Kali Seminggu

Sumenep – Sejak awal tahun 2019 rupanya jadwal penerbangan pesawat komersial Wings Air dari Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur ke Bandara Internasional Juanda Surabaya dan sebaliknya ternyata telah mengalami perubahan. Tahun 2018 lalu Wings Air melayani penerbangan Sumenep-Surabaya PP setiap hari, tetapi kini hanya terjadwal 4 kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

“Sejak awal Januari 2019 ini, jadwal penerbangan pesawat komersial dari Bandara Sumenep ke Surabaya dan sebaliknya ada perubahan. Yang biasanya setiap hari, saat ini hanya empat kali dalam seminggu,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (10/1), seperti dilansir PortalMadura.

Lebih lanjut Indra menjelaskan jika pihak Wings Air memang sengaja mengurangi jadwal penerbangan lantaran jumlah penumpang dari Sumenep ke Surabaya maupun sebaliknya mengalami penurunan. “Hasil koordinasi kami dengan pihak maskapai, mulai tahun ini ada pengurangan jadwal penerbangan. Salah satu penyebabnya karena jumlah penumpang setiap harinya selalu minim,” beber Indra.

Misalnya saja jumlah penumpang pada hari ini, Jumat (11/1) dari Bandara Juanda Surabaya ke Sumenep tercatat hanya 16 orang, sedangkan dari Sumenep ke Surabaya hanya 18 orang. Padahal kapasitas pesawat jenis ATR-72 yang digunakan oleh Wings Air mencapai 72 penumpang. “Akhir-akhir ini jumlah penumpang memang sering tidak penuh. Mungkin itu menjadi evaluasi dari pihak maskapai. Tentu ini menjadi pertimbangan pihak maskapai, bilamana di jalur yang sepi penumpang itu harus dikurangi jadwal terbangnya,” ucap Indra.

Selain rute penerbangan ke Sumenep, menurut Indra beberapa jalur penerbangan di seluruh Indonesia juga ada yang jadwal terbangnya dikurangi. Pasalnya cost atau biaya untuk sekali terbang sangat besar, sedangkan jumlah penumpang terus merosot. “Ya termasuk jalur ke Sumenep ini yang dikurangi. Karena masyarakat yang menggunakan jasa penerbangan di Sumenep sangat minim,” jelasnya.

Maskapai Wings Air yang berada di bawah Lion Air Group ini diketahui telah melayani penerbangan rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya secara komersial sejak tanggal 8 Juli 2018 lalu. Dibandingkan perjalanan darat, waktu tempuh penerbangan rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya memang lebih singkat, hanya sekitar 40 menit.