Selasa, 08 Januari 2019

Sempat Meleset, Jalur MERR ke Bandara Juanda Bakal Tuntas Februari 2019

SURABAYA – Sempat disebut bakal tuntas pada bulan Desember 2018, nyatanya proyek MERR (Middle East Ring Road) Surabaya tidak berjalan sesuai rencana. Meski demikian, Pemerintah Kota Surabaya menegaskan bahwa jalur yang menghubungkan kawasan Gununganyar dengan Bandara Internasional Juanda tersebut bakal bisa dilewati kendaraan pada bulan Februari 2019 mendatang.

Sebelumnya, pada bulan November 2018 kemarin, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menuturkan bahwa satu ruas MERR di kawasan Gununganyar yang mengarah ke Bandara Juanda bisa tuntas pada tahun 2018. Sementara, satu ruas yang rencananya masih belum rampung pada tahun 2018 nantinya akan dievaluasi kembali.

“Nanti, kami akan selesaikan satu sisi ruas saja, yang satunya karena konstruksinya berat sehingga kami tinggal untuk tahun depan,” ujar Risma beberapa waktu lalu, seperti dilansir Tribun Jatim. “Jalur satunya akan dievaluasi kembali karena konstruksinya berat dan terlalu mahal. Sayang nanti buang-buang uang, mungkin bisa dengan konstruksi yang lain.”

Sayangnya, hingga akhir 2018 kemarin, jalur MERR yang seharusnya bisa dituntaskan ternyata meleset dari target. Saat ini, masih ada pengerjaan di depan Perumahan Puri Mas. Inilah penyebab mengapa jalur lingkar timur penghubung Kota Surabaya dengan Kabupaten Sidoarjo tersebut masih belum bisa dilalui pada awal Januari ini.

Ada sisa pekerjaan proyek MERR sepanjang 300 meter yang dikerjakan sendiri oleh pengembang Perumahan Puri Mas. Karena fasilitas umum itu berada di wilayah perumahan, pihak Puri Mas memutuskan mengerjakan sendiri jalan MERR. Namun, hingga batas akhir Desember kemarin, MERR di depan perumahan belum kelar sehingga jalur ini putus di tengah jalan, tepatnya di KM 1 dari arah UPN.

“Namun, pada bulan Februari mendatang, pekerjaan MERR di Perumahan Puri Mas itu akan tuntas, yang artinya semua kendaraan bisa melalui jalur baru itu pada bulan depan,” tegas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Surabaya, Erna Purnawati, dikutipi Tribun News. “Nanti, kalau Februari sudah jadi dan bisa dilalui, Puri Mas akan menyerahkan hasil pengerjaan jalan itu kepada Pemkot Surabaya sebagai fasilitas umum.”