Rabu, 23 Januari 2019

Lion Air & Wings Air Resmi Terapkan Bagasi Berbayar, Ini Detail Tarifnya

Banjarmasin – Maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT dan Wings Air berkode penerbangan IW telah mulai menerapkan kebijakan bagasi berbayar sejak Selasa (22/1) kemarin. Penghapusan layanan bagasi gratis atau free baggage allowance (FBA) ini dilakukan untuk semua penerbangan rute domestik.

“Bersama ini diinformasikan bahwa efektif mulai 22 Januari 2019, Lion Air Group (JT, IW) resmi memberlakukan penghapusan kebijakan bagasi cuma-cuma atau FBA untuk seluruh rute domestik kepada penumpang,” demikian bunyi pernyataan resmi Lion Air, Selasa (22/1), seperti dilansir Tribunnews.

Para penumpang pesawat Lion Air dan Wings Air saat ini hanya memperoleh fasilitas gratis bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kilogram (kg) dan 1 barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, dan semacamnya. Adapun ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin yang diizinkan adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm. Penumpang yang melebihi ketentuan tersebut akan dikenai biaya tambahan.

“Iya sudah tidak ada free bagasi,” tutur General Manager Lion Air Banjarmasin, Agung Purnama. Harga atau tarif bagasi Lion Air kini tergantung dari rute penerbangan yang dipilih. “Harga bagasi karena penerapannya baru pertama kali sehingga belum ada promo,” jelas Agung.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menambahkan jika pihak Lion Air telah mempersiapkan mesin electronic data capture (EDC) guna meminimalisir antrean di loket. “Kami juga mengimbau masyarakat agar sudah tiba di bandara lebih awal atau 120 menit sebelum keberangkatan,” ungkapnya.

Petugas Tiketing PT Lintas Barito Express, Mona juga mengaku jika pihaknya sudah memberlakukan bagasi berbayar terhadap pelanggan. “Sudah disosialisasikan kepada konsumen, ada yang sudah tahu terlebih dahulu, ada juga yang kaget mendengarnya. Tapi kebanyakan mereka sudah mengetahuinya,” kata Mona.

Sejak berlakunya bagasi berbayar, kata Mona konsumen di tempatnya mayoritas tidak membeli voucher bagasi. “Kebanyakan tidak beli, tapi ada juga yang beli. Konsumen yang membeli ini didominasi untuk bagasi lima kilogram dan 10 kilogram,” ucapnya.

Sebagai contoh, rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi dengan penerbangan lanjutan Jakarta-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi memakai Lion Air dan Wings Air dikenai biaya Rp 125.000 untuk tambahan bagasi 5 kg. Danang menuturkan, calon penumpang bisa membeli bagasi di awal (prepaid baggage) dengan harga lebih murah, bersamaan dengan pembelian tiket atau maksimal 6 jam sebelum keberangkatan. “Dapatkan harga khusus dengan pembelian voucher prepaid baggage melalui agent portal, website Lion Air dan kantor penjualan Lion Air Group,” tutupnya.