Minggu, 06 Januari 2019

Lion Air Buka Rute Penerbangan Samarinda-Surabaya Mulai 11 Januari 2019

Surabaya – Maskapai Lion Air akan membuka rute penerbangan baru dari Bandara APT Pranoto di Samarinda (SRI), Kalimantan Timur ke Bandara Internasional Juanda Surabaya pergi pulang (PP) mulai tanggal 11 Januari 2019 depan. Menurut District Manager Lion Air Kalimantan Timur, Achmad Affandi, rute Samarinda-Surabaya ini sengaja dibuka lantaran tingginya permintaan masyarakat.

Maskapai Lion Air akan membuka rute penerbangan Samarinda-Surabaya - bontangpost.id

Ketika awal dibuka nanti, Lion Air akan melayani penerbangan Samarinda-Surabaya sebanyak 1 kali sehari menggunakan pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 penumpang. Pada permulaan, Lion Air dijadwalkan terbang dari Bandara APT Pranoto pukul 13.35 WITA. “Dan di tanggal 16 Januari, ada 2 flight dalam sehari. Selain jam 13.35, juga ada jam 17.50,” jelas Achmad.

Achmad juga memastikan jika Lion Air Group akan memberi pelayanan on time alias tepat waktu pada para penumpang. “Waktu keberangkatan jam 17.50 itu adalah waktu estimasi keberangkatan. Lion Air ingin menunjukkan, bahwa kami bisa on time, atau bahkan sudah terbang di bawah jam keberangkatan itu,” jelas Achmad.

Tak hanya berasal dari permintaan warga Samarinda saja, penerbangan ke Surabaya juga begitu diminati oleh masyarakat di kabupaten dan kota sekitarnya seperti Sangatta di Kutai Timur, Tenggarong di Kutai Kartanegara, hingga Kota Bontang. Rute selanjutnya yang sedang disiapkan adalah Banjarmasin (BDJ). Rute Banjarmasin adalah langkah awal Lion Air Group untuk membuka konektivitas antar ibu kota di Kalimantan. “Rute ke Banjarmasin, segera menyusul,” beber Achmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur Salman Lumoindong mengatakan, masalah administrasi di Kementerian Perhubungan dan Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto yang berada di bawah Kemenhub itu sudah tak lagi ada masalah. “Rute baru ke Surabaya tanggal 11 Januari ini, tidak ada masalah. Untuk administrasi surat sudah clear semua,” ucap Salman.

Salman juga menerangkan jika masyarakat sangat antusias dengan dibukanya rute baru ke Surabaya. “Waduh kalau soal demand, sangat besar. Sejak buka bandara, banyak orang tanya kapan ke Surabaya. Enggak cuma warga Samarinda, tapi juga masyarakat Bontang, Sangatta, dan Kutai Kartanegara,” tandas Salman.