Jumat, 25 Januari 2019

Jatim Bidik 1 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun 2019

Surabaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur memiliki target untuk mendatangkan 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019 ini. Jumlah tersebut dinilai sangat mungkin dapat tercapai lantaran semakin dikenalnya wilayah Jatim di mata dunia.

“Itu target yang telah dicanangkan Kementerian Pariwisata. Indonesia akan membidik 20 juta kunjungan wisman. Kami optimistis 1 juta wisman akan mengunjungi Jatim,” ujar Kepala Disbudpar Sinarta di Kantor Disbudpar Jatim, Selasa (22/1), seperti dilansir Tribunnews.

Aksesibilitas menuju sejumlah tempat wisata di Jatim pun kini semakin mudah untuk dijangkau. Frekuensi penerbangan internasional pun semakin bertambah lewat Bandara Internasional Juanda Surabaya. Di samping itu, bandara di destinasi wisata baru, Banyuwangi pun kini juga telah membuka akses penerbangan internasional.

Yang lebih menarik lagi, untuk periode Januari-Februari 2019 ini tersedia promo tiket pesawat rute Banyuwangi-Malaysia dari salah satu maskapai dengan harga murah mulai Rp 250 ribu saja. Konektivitas udara itulah yang menjadi salah satu pendorong utama masuknya wisman ke Jawa Timur, sehingga mereka lebih mudah mengakses tempat-tempat wisata di Jatim.

Di samping itu, tahun 2019 ini juga ada kapal pesiar dari Eropa dan Asia yang akan singgah di Jawa Timur. Setidaknya terdapat 12 kapal pesiar yang dijadwalkan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tahun ini. Biasanya para turis asing tersebut akan memperoleh kesempatan untuk jalan-jalan ke Surabaya dan sekitarnya dalam sehari.

Salah satu destinasi utama yang banyak dituju oleh para wisman untuk datang ke Jatim adalah menikmati indahnya pemandangan di Gunung Bromo dan Tengger Semeru, serta wisata-wisata alam lainnya. “Ada pula yang tertarik dengan wisata budaya. Namun wisata alam tetap yang paling diminati wisman. Belum bergerak ke objek wisata lain,” beber Sinarta.

Menurut data Disbudpar Jatim, tahun 2018 lalu, jumlah wisman yang mengunjungi Jatim mencapai angka 830.968 orang, naik dibandingkan tahun 2017 lalu yang jumlahnya sebesar 690.509 orang. Adapun jumlah pengunjung wisatawan domestik tahun 2018 sebesar 70,2 juta wisatawan, tetapi target sebesar 55,2 juta orang.