Senin, 21 Januari 2019

Hujan Deras, Akses ke Bandara Juanda Dikepung Banjir

SURABAYA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (20/1) sore hingga malam membuat genangan air yang tinggi di Jalan Raya Juanda. Akibatnya, lalu lintas di sekitar area Bandara Internasional Juanda hingga Senin (21/1) siang tersendat, yang membuat pihak kepolisian terpaksa mengalihkan kendaraan menuju sejumlah jalur alternatif atau lewat jalan tol.

Kendaraan menerobos banjir di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur - www.antarafoto.com


Seperti dilansir iNews, kemacetan panjang tampak mulai dari pintu keluar Terminal 2 Bandara Juanda hingga ke jalan utama akses menuju pusat Sidoarjo dan Kota Surabaya. Ketinggian genangan air di Jalan Raya Juanda sendiri masih cukup tinggi, ditaksir 30 cm sampai 40 cm, dengan titik banjir paling parah terjadi tepat di depan Hotel Utami Juanda, dengan ketinggian mencapai satu meter.

Sementara itu, menurut pantauan Tribun Jatim, genangan banjir lebih dalam terlihat di ruas Jalan Raya Juanda yang mengarah ke barat atau ke arah Aloha. Genangan juga terlihat di jalur ke arah timur atau arah Terminal 1 Bandara Juanda. Genangan di sisi kiri jalan bisa mencapai lebih dari 20 cm, sehingga semua kendaraan memilih berjalan di sisi kanan jalan dengan genangan lebih dangkal.

“Di sana tidak bisa dilintasi, sehingga kami alihkan kendaraan ke jalur-jalur kampung,” ujar petugas kepolisian dari Polresta Sidoarjo yang juga Perwira Pengendali Banjir Juanda, AKP Sugeng, Senin (21/1) pagi. “Selain untuk mengurangi kepadatan kendaraan, pengalihan arus ini juga bertujuan supaya tidak ada sepeda motor yang mogok. Sementara, untuk roda empat, sebagian besar diimbau lewat jalur tol.”

Meski banjir menutup akses jalan utama di Bandara Juanda, sejauh ini belum ada tindakan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Seperti diketahui, selain masalah curah hujan yang tinggi, banjir ini juga akibat tidak lancarnya drainase di kawasan tersebut. “Kalau rumahnya di sekitar Sidoarjo, bisa tetap melintas. Hanya, imbauan petugas, tetap jaga jarak aman,” sambung AKP Sugeng.