Senin, 03 Desember 2018

Usai Jakarta, Citilink Bakal Terbang Samarinda-Surabaya Awal 2019

SAMARINDA/JAKARTA – Maskapai berbiaya murah, Citilink, memastikan melakukan penerbangan perdana dari Bandara APT Pranoto di Samarinda menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Senin (3/12) ini. Setelah itu, menurut rencana, maskapai tersebut akan segera membuka rute penerbangan Samarinda-Surabaya via Bandara Internasional Juanda pada awal tahun 2019 mendatang.

Citilink akan segera membuka rute penerbangan Samarinda-Surabaya - merdeka.com

“Benar, kami membuka rute baru ke Cengkareng dari Samarinda tanggal 3 Desember ini. Rute masih ke Cengkareng dulu, seminggu dua kali. Nah, mulai tanggal 8 Desember, penerbangan dilakukan setiap hari,” tutur District Manager Citilink Kalimantan Timur, Lenita Devi Susila, dilansir Merdeka. “Ada sejumlah pertimbangan dibukanya rute baru ini, di antaranya tidak sedikit penumpang yang terbang lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang ternyata berasal dari Samarinda dan daerah sekitarnya.”

Karena perbedaan dengan maskapai premium, maka harga tiket pesawat Samarinda-Jakarta yang ditawarkan Citilink menjadi lebih murah. Dari penelusuran di sejumlah akun resmi dan penjualan tiket pesawat online, penerbangan Samarinda-Jakarta pukul 16.20 WITA dan sebaliknya dari Cengkareng dipatok dengan harga tiket Rp900 ribu sampai Rp1 jutaan.

“Rute baru ke Jakarta ini menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang,” sambung Devi. “Nanti, setelah ke Cengkareng, rencana berikutnya adalah membuka penerbangan ke Surabaya pada awal 2019 mendatang. Demand sebenarnya tinggi dan kami ambil rute yang dengan demand tinggi, seperti ke Cengkareng dan Surabaya.”

Sebelum Citilink, maskapai Lion Air juga dikabarkan berencana membuka rute penerbangan langsung Samarinda-Surabaya. Namun, hingga detik ini, maskapai berbiaya murah tersebut belum juga mengumumkan kepastian kapan mereka melakukan penerbangan perdana. Meski demikian, pihak Lion Air tidak risau didahului maskapai LCC lainnya.

“Kami tidak risau keduluan maskapai LCC lainnya. Publik diminta bersabar soal kepastian kapan Lion Air terbang perdana dari Samarinda,” tutur District Manager Lion Air Group Balikpapan, Achmad Affandi. “Tunggu saja, karena ada (survei) rute yang paling diinginkan masyarakat, nanti kami bakal kami kasih kejutan ke masyarakat Samarinda.”