Sabtu, 22 Desember 2018

Sore Ini Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Diprediksi Bakal Padat

Sidoarjo – Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini di Bandara Internasional Juanda Surabaya sudah mulai terlihat adanya lonjakan penumpang. Menurut Communication & Legal Section Head Bandara Juanda, Yuristo Hanggoro, kenaikan penumpang sudah tampak walaupun masih belum terlalu signifikan.

“Mulai tanggal 2 Desember, jumlah penumpang ada 51.000. Di tanggal 7 Desember meningkat menjadi 53.000, dan tanggal 16 Desember naik menjadi 61.000 penumpang,” ujar Yuristo, Kamis (20/12), seperti dilansir Tribunnews.

“Puncaknya kami prediksi Sabtu (23/12/2018) besok. Ruang tunggu umrah akan kami buka untuk penumpang umum manakala puncak kepadatan penumpang. Mudah-mudahan tidak banyak delay,” imbuh General Manajer PT Angkasa Pura (AP) I Juanda Heru Prasetyo.

Pihak AP I memperkirakan masa puncak kepadatan penumpang akan berlangsung 2 kali, puncak pertama tanggal 22 Desember 2018 dan puncak kedua tanggal 3 Januari 2019. “Kami perkirakan puncak pertama penumpang sekitar 74.000 orang dan puncak kedua sekitar 66.000 orang,” ungkap Yuristo.

Lebih lanjut Yuristo memaparkan, destinasi yang masih jadi favorit sebagian besar penumpang untuk berlibur adalah Denpasar dan Lombok. “Bahkan ada sekitar 5 maskapai yang meminta tambahan extra flight untuk tujuan dua kota tersebut,” ungkap Yuristo. Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini setidaknya ada 244 penerbangan tambahan di Bandara Juanda.

Oleh sebab itu, pihak AP I Cabang Juanda pun mengaku telah siap menghadapi lonjakan penumpang selama masa libur Nataru ini. “Selain melakukan pengecekan terhadap fasilitas penunjang operasional bandara, kita juga merapikan area lini satu bandara, dimana yang sebelumnya untuk area parkir taksi diprioritaskan untuk menjadi area menaikkan dan menurunkan penumpang, baik dari dan ke bandara,” ujarnya.

Saat ini pun telah dioperasikan Posko pelayanan Nataru di Bandara Juanda. Posko tersebut ditempati semua pihak terkait, baik PT AP I, petugas keamanan, kesehatan, sampai perwakilan maskapai. Posko tersebut berada di teras Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Juanda. Selama masa angkutan Nataru, posko buka 18 hari non stop selama 24 jam sejak Kamis (20/12/2018) sampai Minggu (6/1/2019).