Selasa, 11 Desember 2018

Libur Nataru, Bandara Juanda Terima 328 Pengajuan Extra Flight

SURABAYA – Libur Natal dan Tahun Baru kali ini bakal menjadi akhir tahun yang sibuk untuk Bandara Internasional Juanda. Pasalnya, pelabuhan udara yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo tersebut telah menerima total 328 pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight dari beberapa maskapai domestik, dengan rute terbanyak Surabaya-Denpasar dan Surabaya-Lombok.

“Tambahan penerbangan itu berlangsung sejak tanggal 13 Desember 2018 sampai dengan 14 Januari 2019,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Heru Prasetyo, dilansir Antara. “Tambahan penerbangan yang paling banyak diajukan oleh maskapai adalah rute Surabaya-Denpasar dan juga Surabaya-Lombok, karena memang dua rute tersebut yang cukup diminati saat liburan Natal dan Tahun Baru.”

Hingga saat ini, Bandara Juanda telah menerima usulan penerbangan tambahan dari lima maskapai domestik, yaitu Sriwijaya Air, NAM Air, Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, dan Lion Air, dengan tujuan utama ke Denpasar dan Lombok. Ada 45.360 kursi tambahan atau 244 penerbangan tambahan, baik untuk kedatangan maupun keberangkatan, mulai 20 Desember hingga 6 Januari.

Heru melanjutkan, PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Juanda akan berusaha untuk menyukseskan kelancaran penerbangan serta meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan banyak pihak yang terlibat dalam Posko Terpadu, seperti Kantor Otoritas Bandara, AIRNAV, Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI/Polri, airlines, ground handling, BASARNAS, dan CIQ.

“Untuk pelaksanaan Natal dan Tahun Baru ini, perusahaan juga mendirikan Posko Terpadu yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat selama melaksanakan liburan mereka,” sambung Heru. “Kami akan menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 selama delapan belas hari, mulai tanggal 20 Desember sampai 6 Januari mendatang.”

Para maskapai memang selalu memanfaatkan momen libur panjang Natal dan Tahun Baru untuk menjaring penumpang sebanyak-banyaknya. Terlebih karena perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini bersamaan dengan libur sekolah. Untuk tahun ini, jumlah penumpang di Bandara Juanda diprediksi akan meningkat 9 persen dibandingkan libur akhir tahun 2017 kemarin.