Sabtu, 29 Desember 2018

Lampaui Target, Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Surabaya Tembus 29 Juta Orang

Surabaya – Walau sempat dilanda serangan teror bom pada Mei 2018 lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Surabaya, Jawa Timur rupanya tetap tinggi. Berdasarkan data terakhir, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Surabaya sampai akhir Desember 2018 ini mencapai 29 juta orang. Angka tersebut melampaui target jumlah kunjungan wisatawan yang sebelumnya direncanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugihati, awalnya target jumlah kunjungan wisatawan di Surabaya untuk tahun 2018 ini hanya 19 juta orang. “Sepanjang Januari hingga Desember 2018 ternyata kota Surabaya didatangi oleh 29 orang. Di tahun lalu kita padahal hanya mendapatkan 24 juta orang wisatawan yang datang ke Kota Pahlawan,” ungkap Antiek, Jumat (28/12), seperti dilansir Tribunnews.

“Tapi wisatawan nusantara masih mendominasi. Sekitar 60-70 persen persentasenya. Lebih banyak dibandingkan wisatawan mancanegara,” sambung Antiek. Kunjungan wisatawan pun hampir merata ke semua spot wisata unggulan di Surabaya, terutama wisata heritage dan MICE, serta kampung-kampung pengembangan di Surabaya.

“Data kami ini kan bermacam-macam. Mulai dari pintu Bandara Juanda hingga jumlah kunjungan hotel. Mereka bisa transit kemudian melanjutkan ke Bromo dan wilayah lain,” papar Antiek. Sementara itu, pada tahun 2019 depan pihaknya memiliki target untuk mencapai 21 juta kunjungan wisatawan ke Surabaya. Walaupun hanya sejumlah itu, ia pun yakin bisa kembali melampaui target.

Target tersebut dihitung berdasar tren kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun yang selalu melebihi target serta capaian tahun ini. Pada 2017 lalu misalnya, jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Surabaya ditargetkan sebesar 19 juta orang, akan tetapi realisasinya mencapai 24 juta orang. Sedangkan tahun 2018 Pemkot Surabaya hanya menargetkan 19 juta orang, tetapi dapat mendatangkan 29 juta wisatawan. “Perencanaan target kunjungan wisatawan ditarget 2019 dengan kenaikan sekitar 15 persen dari target tahun sebelumnya,” ucapnya.