Minggu, 09 Desember 2018

Juanda Sabet Penghargaan Bandara Terbaik dalam Bandara Awards 2018

Jakarta – Dalam ajang Bandara Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bekerja sama dengan Majalah Bandara, rupanya Bandara Internasional Juanda berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu Bandara Terbaik yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I.

Pemandangan di Bandara Juanda Sidoarjo - tribunnews.com

Penghargaan ini didapatkan melalui survei yang dilaksanakan terhadap 105 bandara, mulai dari Sabang sampai Merauke mulai bulan April sampai Oktober 2018. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa ajang semacam Bandara Awards 2018 ini sengaja diadakan untuk memberi reward supaya para pengelola bandar udara dapat bersaing secara sehat dan mengutamakan pelayanan terbaik pada para pengguna jasa tanpa mengabaikan aspek keselamatan dan keamanan.

“Kami sebagai regulator, terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelola bandara yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu bertujuan untuk selalu menjaga dan meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan. Untuk itu peran serta masyarakat dan media juga dibutuhkan untuk memberikan tanggapan dan saran. Sehingga ke depannya dapat menjadi perbaikan atas semua aspek pelayanan dan operasional Bandara,” kata Budi Karya, Sabtu (8/12), seperti dilansir Kompas.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti menambahkan, para pemenang dalam ajang tersebut diharapkan tak hanya berpuas diri dan bersedia untuk lebih meningkatkan pelayanannya lagi. “Kami harapkan tidak berpuas sampai di sini, harus terus bersaing dan meningkatkan kualitas layanan dan mengelola bandara dengan lebih baik lagi,” bebernya.

“Survei tahun ini mulai bulan April hingga Oktober 2018, dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh penumpang pesawat di 105 bandara,” imbuh Chairman Bandara Indonesia Group Erwin Nurdin. Hasil survei yang diisi oleh para pengguna jasa itulah yang kemudian dijadikan acuan oleh para dewan juri untuk menentukan bandara mana saja yang layak mendapatkan penghargaan.

Adapun untuk penghargaan kategori bandara terbaik di PT Angkasa Pura (AP) I diberikan pada Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali (Juara 1), Bandara S.A Muhammad Sulaiman (BPN), Balikpapan (Juara 2), Bandara Ahmad Yani (SRG), Semarang (Juara 3) Bandara Juanda (SUB), Surabaya, dan Bandara Adisutjipto (JOG), Yogyakarta.