Jumat, 28 Desember 2018

Gaet BNI, Angkasa Pura I Terapkan Sistem Cashless di Sejumlah Bandara

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk untuk pelaksanaan implementasi Host to Host (H2H) pembayaran tagihan melalui Virtual Account (VA) dan penggunaan VA Debit atau Debit Kredit. Layanan tersebut mencakup penyediaan H2H untuk pembayaran dari mitra PT AP I terkait tenant dan kargo, serta VA Debit Kredit untuk operasionalnya.

Menurut Novrihandri, Direktur Keuangan Angkasa Pura I, kerja sama ini adalah bentuk sinergi BUMN antara PT AP I dengan BNI. Lewat sinergi ini Novrihandri berharap BNI bisa mendukung dan memberi kemudahan dalam memonitor aktivitas bisnis perusahaan dan mitra usaha dalam pelayanan dan transaksi perbankan, khususnya lewat channel BNI dan layanan Host to Host Virtual Account.

“Pengembangan sistem cash management di Angkasa Pura I dalam penerimaan dan pembayaran dengan BNI akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas keuangan serta meningkatkan kualitas layanan di 13 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I,” ujar Novrihandri, Rabu (26/12), seperti dilansir Tribunnews.

BNI akan memberi solusi pembayaran tagihan H2H untuk memberi kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa aero dan non aero di seluruh bandara yang berada di bawah pengelolaan AP I. BNI pun mengembangkan solusi khusus virtual account debit/kredit untuk meningkatkan kontrol biaya operasional bagi AP I. Di samping itu, BNI dan AP I juga mengembangkan virtual account debit khusus logistik di Terminal Kargo AP I untuk mencegah adanya risiko penyalahgunaan uang tunai.

Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung penuh bisnis AP I Group dalam mewujudkan cashless dan digital airport yang dimulai dari Angkasa Pura Logistik. Fasilitas tersebut mulai diberlakukan pada 5 bandar udara besar, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

PT AP I selaku pengelola 13 bandara kini diketahui tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan dan pengembangan di sejumlah bandara kelolaannya untuk memberi pelayanan terbaik pada para pengguna jasa.