Sabtu, 08 Desember 2018

13 Bandara AP I Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 dari TUV Rheinland

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I kembali berhasil mencetak prestasi yang membanggakan. Seluruh bandar udara yang berada di bawah pengelolaannya berhasil menyabet sertifikasi internasional Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Sertifikasi ISO tersebut meliputi layanan jasa kebandarudaraan, baik Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) maupun Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U).

Sertifikat ISO 9001:2015 untuk 13 bandara AP I ini diberikan oleh badan sertifikasi internasional yang berbasis di Jerman, TUV Rheinland. Sertifikat ISO 9001:2015 diserahkan langsung oleh perwakilan TUV Rheinland terhadap Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (7/12) kemarin.

“Keberhasilan seluruh bandara Angkasa Pura I memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan Angkasa Pura I dalam meningkatkan kinerjanya,” kata Faik Fahmi, seperti dilansir KRJogja.

“Sertifikasi ini juga merupakan pondasi untuk terus mewujudkan layanan berstandar internasional kepada seluruh pengguna jasa bandara, dengan fokus pada kepuasan pelanggan secara berkelanjutan dengan mengedepankan aspek safety, security, service, dan compliance (3S+1C),” sambung Faik.

AP I mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dari tahun 2013 lalu. ISO 9001 sendiri adalah salah satu sistem manajemen yang fokus terhadap kepuasan pelanggan, di mana pemantauan dan pengukuran kinerja yang dilakukan secara terus-menerus adalah persyaratan utama yang harus dipenuhi.

Selain untuk ruang lingkup PJP2U dan PJP4U, sertifikasi ISO 9001:2015 juga didapat untuk Pelayanan Jasa Kargo dan Pos Pesawat Udara (PJKP2U) di seluruh bandara yang dikelola oleh AP I, termasuk Bandara Internasional Juanda Surabaya. Usaha AP I untuk memberi pelayanan terbaik pada para pengguna jasa pun memperoleh pengakuan dari dunia lewat sejumlah penghargaan seperti dari Airports Council International (ACI) dan sebagainya.

“Komitmen kami adalah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, mitra usaha, mitra bisnis, dan seluruh stakeholder. Kami berharap apa yang telah dicapai saat ini dapat terus dipertahankan di masa mendatang serta dan mampu mendukung kemajuan industri penerbangan di tanah air, baik dalam aspek keselamatan, keamanan, maupun pelayanan,” tandas Faik.