Selasa, 13 November 2018

Rute Surabaya-Penang Beroperasi, Potensi Wisata Jatim Diharapkan Naik

SURABAYA – Maskapai Citilink secara resmi membuka penerbangan langsung Surabaya-Penang PP yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Internasional Penang mulai tanggal 1 November 2018 kemarin. Pembukaan rute tersebut diharapkan dapat mendorong terjadinya peningkatan potensi wisata di antara kedua wilayah serta beberapa daerah lain di Jawa Timur.

“Saya sangat mengapresiasi adanya pembukaan rute baru ini, karena mampu meningkatkan potensi wisata, termasuk juga nantinya akan berimbas pada peningkatan ekonomi kedua wilayah,” tutu Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, beberapa waktu lalu. “Tidak hanya wisata di Kota Surabaya, tetapi masih banyak spot wisata menarik lainnya di Jawa Timur yang saat ini cukup sering dikunjungi, seperti Gunung Bromo dan wisata kawah Gunung Ijen.”

Dirinya menambahkan, dalam beberapa kesempatan, ia sering bertanya terkait dengan pembukaan rute-rute baru penerbangan. Hal ini mengingat di Surabaya juga sering dilakukan seminar dengan skala internasional yang tentunya membutuhkan penerbangan langsung ke luar negeri. “Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas pembukaan rute baru ini, semoga bisa meningkatkan potensi wisata, terutama di Surabaya dan Jawa Timur,” sambung Risma.

Sebelum membuka rute penerbangan langsung Surabaya-Penang, Citilink juga telah menambahkan jadwal penerbangan Jakarta-Penang dari semula satu kali sehari menjadi dua kali sehari. Penambahan rute Surabaya-Penang ini sebagai bentuk ekspansi maskapai dalam mendukung perkembangan positif di kawasan Asia.

“Seiring tingginya permintaan masyarakat untuk berkunjung ke Penang (Malaysia), Citilink Indonesia menambah konektivitas pada rute tersebut dari dan menuju Surabaya, untuk memberikan pilihan perjalanan bagi masyarakat Surabaya,” ujar Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo. “Diharapkan penerbangan rute Jakarta-Penang dan Surabaya-Penang ini dapat memberikan kontribusi yang positif sehingga Citilink Indonesia dapat terus memantapkan eksistensinya di kawasan Asia pada masa yang akan datang.”

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 525 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya jam 12.55 WIB dan mendarat di Bandara Internasional Penang pada pukul 17.00 waktu setempat. Rute sebaliknya, menggunakan pesawat bernomor penerbangan QG 524 dan dijadwalkan terbang pukul 09.55 waktu setempat, lalu tiba di Bandara Juanda pukul 12.00 WIB.