Senin, 26 November 2018

Rute Samarinda-Surabaya PP, Lion Air: Masih dalam Proses

SAMARINDA – Pekan kemarin, salah satu anak usaha Lion Air, Batik Air, resmi mengoperasikan penerbangan langsung Jakarta-Samarinda PP. Namun, untuk rute penerbangan Samarinda-Surabaya PP yang menurut rencana akan dibuka hampir berbarengan, hingga saat ini kabarnya masih dalam proses dan akan beroperasi setelah pembukaan rute Samarinda-Makassar.

CEO Lion Air Group, Kapten Achmad Lutfi - beritatrans.com
“Saat ini, kami telah mengantongi izin dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk membuka rute Makassar-Samarinda,” kata CEO Lion Air Group, Kapten Achmad Lutfi, dikutip Niaga Asia. “Minggu depan (28 November 2018), kami akan terbang langsung Makassar-Samarinda. Selanjutnya, menyusul rute langsung Surabaya-Samarinda.”

Sementara, untuk rute penerbangan internasional, Lutfi menambahkan bahwa pihaknya masih menunggu kelengkapan fasilitas pendukung di Bandara APT Pranoto Samarinda, seperti navigasi dan imigrasi, sedangkan landasan pacu sudah mencukupi. Pihaknya sendiri sudah berancang-ancang untuk membuka rute internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura.

Sebelumnya, menurut kabar terakhir, Lion Air Group sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan untuk melakukan penerbangan Samarinda-Surabaya PP yang menghubungkan Bandara APT Pranoto dengan Bandara Internasional Juanda. Rute ini rencananya akan mulai dioperasikan pada pertengahan November 2018 dan akan terbang dua kali sehari.

“Pihak maskapai memang sedang mengurus izin terbang di Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,” kata Kepala Bandara APT Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi, beberapa waktu lalu. “Berkas permohonan terbang yang diajukan maskapai sedang dalam masa verifikasi. Verifikasi sendiri dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pilot, kondisi pesawat, serta layanan penunjang dan keamanan.”

Sementara itu, Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun, mengharapkan bahwa jadwal kali ini tidak akan ada penundaan lagi. Pasalnya, masyarakat Kaltim khususnya sudah meyakini tanggal 10 November 2018 yang lalu akan ada penerbangan perdana Samarinda-Jakarta dan Samarinda-Surabaya atau sebaliknya. “Tidak ada alasan untuk Angkasa Pura dan Dinas Perhubungan Kaltim untuk tidak merealisasikan rute penerbangan Samarinda-Surabaya PP dan Samarinda-Jakarta PP,” katanya.