Kamis, 08 November 2018

Pesawat Wings Air Rute Surabaya-Sumenep Sempat ‘Go Around’, Apa Sebabnya?

Sumenep – Pesawat Wings Air dengan rute penerbangan Bandara Internasional Juanda Surabaya-Sumenep sempat melakukan ‘go around’ ketika hendak mendarat di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1808 tersebut mengurungkan niatnya untuk mendarat lantaran terdapat perubahan arah angin.

“Setelah pesawat hendak landing, ternyata ada perubahan arah angin, sehingga pesawat terpaksa harus naik lagi. Jadi, pesawat berputar kembali, dan ambil ancang-ancang lagi untuk mendarat,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono di Sumenep, Rabu (7/11), seperti dilansir BeritaJatim.

Walaupun sempat melakukan ‘go around’ saat hendak landing karena adanya perubahan arah angin, pesawat yang mengangkut 22 orang penumpang tersebut tetap mampu mendarat dengan selamat dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada pesawat. “Setelah berputar kembali karena perubahan arah angin, pesawat kemudian bisa mendarat dengan sempurna. Semua penumpang selamat. Setelah itu ‘clear’, tidak ada hambatan lagi,” papar Indra.

Wings Air melayani penerbangan komersial dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep dan sebaliknya dengan jadwal penerbangan setiap hari sejak September 2017 lalu. Rute penerbangan Surabaya-Sumenep tersebut dilayani dengan menggunakan pesawat jenis ATR-72 yang memiliki kapasitas angkut sebanyak 72 penumpang.

Sejak tanggal 8 Juli 2018 lalu, maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini melayani rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya sebanyak 2 kali sehari. Jadwal keberangkatan pesawat Wings Air dari Surabaya ke Sumenep adalah pada pukul 06.30 WIB dan jam 12.45 WIB. Sedangkan rute sebaliknya dari Sumenep ke Surabaya diberangkatkan pada pukul 07.30 WIB dan pukul 13.45 WIB. Dibandingkan jalur darat, waktu tempuh yang ditawarkan untuk penerbangan rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya relatif lebih cepat, yakni hanya sekitar 40 menit saja.

Sementara itu, Bandara Trunojoyo Sumenep mempunyai panjang runway atau landasan pacu 1.600 meter dan lebar 30 meter. Bandara satu ini juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti tempat parkir pesawat dan ruang tunggu penumpang.