Kamis, 29 November 2018

Jelang Natal & Tahun Baru, Banyak Maskapai Ajukan Penerbangan Tambahan di Bandara Juanda

Surabaya – Menjelang masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru), sejumlah maskapai dilaporkan mulai banyak yang mengajukan extra flight atau penerbangan tambahan di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur.


Maskapai-maskapai tersebut diketahui mengajukan slot penerbangan tambahan ke berbagai rute penerbangan. Namun dari sekian banyak rute yang diajukan, rupanya Denpasar, Bali adalah destinasi yang paling banyak diincar untuk slot penerbangan tambahan di Bandara Juanda.

Sejumlah slot penerbangan tambahan tersebut sengaja diajukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang di Bandara Juanda ketika memasuki masa angkutan Natal dan Tahun Baru. “Beberapa maskapai sudah mengajukan extra flight termasuk Lion Air dan Sriwijaya Air. Kementerian Perhubungan yang nanti menentukan berapa yang berhak atas extra flight ini,” ujar General Manajer PT Angkasa Pura 1 Heru Prasetyo, Rabu (28/11), seperti dilansir Tribunnews.

Para maskapai memang selalu memanfaatkan momen libur panjang Natal dan Tahun Baru untuk menjaring penumpang sebanyak-banyaknya. Terlebih karena perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini bersamaan dengan libur sekolah.

PT Angkasa Pura (AP) I sendiri selaku pengelola Bandara Internasional Juanda mengaku akan mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menciptakan kondisi yang nyaman di terminal, baik di ruang tunggu dan juga lobi Bandara Juanda. “Kami berharap agar tak sering terjadi delay. Semakin banyak delay semakin menumpuk penumpang di bandara. Namun kami siap membuat nyaman penumpang,” beber Heru.

Beberapa rute penerbangan yang dilaporkan paling tinggi frekuensinya ketika perayaan Natal dan Tahun Baru adalah rute Surabaya-Jakarta dan Surabaya-Bali. Pada saat hari biasa, penerbangan untuk rute-rute tersebut sebanyak 15 flight, tetapi ketika momen Natal dan Tahun Baru, penerbangan ke kedua destinasi tersebut dapat bertambah mencapai 20 kali penerbangan dalam sehari.

Akan tetapi, menurut Humas PT AP I Cabang Juanda, Yuristo Adi Hanggoro, penerbangan tambahan atau extra flight ketika Natal dan Tahun Baru tak sebanyak ketika mudik Lebaran. “Kami belum tahu persis extra flight nanti sampai berapa. Diprediksi lebih dari 30 extra flight,” pungkas Yuristo.