Selasa, 27 November 2018

Jelang Akhir Tahun, Harga Tiket Pesawat Rute Surabaya Merangkak Naik

BANJARMASIN/SURABAYA –Banyaknya masyarakat yang bepergian untuk liburan pada akhir tahun dimanfaatkan beberapa maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat. Jelang akhir tahun ini misalnya, harga tiket pesawat pada bulan Desember 2018 sudah mencapai dua kali lipat atau 100 persen untuk rute-rute favorit menuju Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, atau Semarang dari Banjarmasin
Dikutip dari Tribun News, informasi yang diperoleh dari petugas reservasi di PT Lintas Barito Express dan PT Samudera Gemilang Angkasa, harga tiket pesawat dari Banjarmasin menuju Jakarta pada bulan Desember sudah mencapai angka Rp800 ribuan hingga Rp1,4 jutaan per seat. Sementara, rute Banjarmasin menuju Surabaya sudah berada di kisaran harga Rp600 ribuan sampai Rp1,3 jutaan per orang.

“Kenaikan harga tiket pesawat di bulan Desember seiring dengan kenaikan permintaan penerbangan,” jelas petugas reservasi PT Samudera Gemilang Angkasa, Diana. “Untuk penerbangan di bulan Desember, permintaan sudah naik kurang lebih 20 persen dibandingkan low season.”

Selain menjelang high season di akhir tahun, Diana menambahkan bahwa harga tiket pesawat meningkat karena adanya pengurangan jumlah penerbangan salah satu maskapai penerbangan. Rute Banjarmasin-Jakarta misalnya, yang biasanya ada 9 penerbangan sepekan, tetapi seminggu belakangan hanya menjadi 5 penerbangan saja. “Makanya, harganya sudah naik, bahkan di bulan November ini,” sambung Diana.

Sementara itu, petugas ticketing PT Lintas Barito Express, Mona, menuturkan bahwa kenaikan harga tiket penerbangan di bulan Desember saat ini masih belum mencapai harga maksimal. Karena itu, tidak menutup kemungkinan harga tiket pesawat masih terus naik saat makin mendekati akhir tahun. “Selain Jakarta dan Surabaya, tujuan favorit dari Banjarmasin adalah Yogyakarta, Semarang, dan Balikpapan,” ujar Mona.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah merencanakan melakukan perjalanan liburan di akhir tahun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya seiring kenaikan harga tiket pesawat. Tentukan destinasi tujuan Anda, pilih waktu keberangkatan dengan harga tiket termurah, pesan tiket melalui online travel agent, dan pesan tiket jauh-jauh hari.