Rabu, 14 November 2018

Jelang Akhir Tahun, Harga Tiket Pesawat Mulai Alami Kenaikan Hingga 100%

Banjarmasin – Masa libur Natal dan Tahun Baru memang kerap digunakan masyarakat untuk berlibur. Alhasil sejumlah maskapai pun memanfaatkan momentum tersebut untuk menaikkan harga tiket ke sejumlah destinasi. Bahkan kabarnya harga tiket penerbangan untuk Desember 2018 kini sudah mengalami kenaikan.

Menurut sejumlah agen penjualan tiket, beberapa harga tiket penerbangan di bulan Desember ini bahkan sudah ada yang naik hingga 2 kali lipat (100%) harga pada low season. Misalnya saja harga tiket pesawat dari Banjarmasin ke Jakarta bulan Desember berkisar mulai Rp 800 ribu hingga Rp 1,4 juta. Rute penerbangan populer lain dari Banjarmasin ke Bandara Internasional Juanda Surabaya juga sudah ada pada kisaran Rp 600 ribu sampai Rp 1,3 juta.

Petugas Reservasi PT Samudera Gemilang Angkasa, Diana mengungkapkan, naiknya harga tiket pesawat di bulan Desember 2018 ini seiring dengan kenaikan permintaan penerbangan. “Untuk penerbangan Desember sudah naik permintaan kurang lebih 20 persen dibanding low season,” jelas Diana, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Diana menerangkan, harga tiket rute Banjarmasin-Jakarta bukan hanya naik akibat high season saja, tetapi juga lantaran adanya pengurangan jumlah penerbangan salah satu maskapai. “Biasanya ke Jakarta ada 9 penerbangan tapi seminggu belakangan jadi 5 penerbangan saja makanya harganya sudah naik bahkan di November ini,” paparnya.

Sementara itu, Petugas Tiketing PT Lintas Barito Express, Mona justru mengatakan jika kenaikan harga tiket pesawat bulan Desember saat ini masih belum mencapai harga tertingginya. Pasalnya harga tiket masih mungkin saja terus mengalami kenaikan sampai batas maksimal ketika mendekati akhir tahun. “Masih mungkin naik lagi kalau belinya nanti di Desember,” ujar Mona. Tak hanya rute Jakarta dan Surabaya saja, masih ada sederet rute favorit lain dari Banjarmasin, yakni ke Yogyakarta, Semarang, dan Balikpapan.

Jika sejumlah maskapai berlomba-lomba menaikkan harga tiket pesawat, maskapai AirAsia justru mengadakan promo diskon tiket pesawat dengan harga mulai RM15 (Rp 52.685) untuk penerbangan dari Kuala Lumpur ke sejumlah tujuan, termasuk Alor Setar, Johor Baru, Kota Baru, Kuantan, Langkawi, Penang, Kuala Terengganu, dan Miri. Sementara itu, penerbangan ke kota-kota di ASEAN, termasuk Brunei Darussalam, Phnom Penh, Padang, Jakarta, Surabaya, dan Ho Chi Minh City dibanderol mulai RM39 (Rp 136.981) all in.

“Para konsumen didorong untuk mendaftar sebagai anggota AirAsia BIG untuk menikmati manfaat lebih besar, seperti akses prioritas ke kampanye promosi, diskon anggota, pembayaran sekali klik tanpa batas dengan BigClick dan banyak lagi,” kepala Marketing AirAsia Group, Amanda Woo, seperti dilansir CNBCIndonesia.