Rabu, 28 November 2018

Bandara Juanda Raih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Sidoarjo – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Internasional Juanda baru saja memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lloyd Register Indonesia. Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 mencakup ruang lingkup Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U). Sertifikasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pengguna jasa dan mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 di segmen PJP2U.

Acara tersebut dibuka oleh General Manager Bandara Internasional Juanda Heru Prasetyo. Dalam sambutannya, Heru mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas layanan pada para pengguna jasa. “Bandara Internasional Juanda sebagai BUMN berorientasi kepada pendapatan tapi juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. Melalui sertifikasi dari lembaga Lloyd Registere Indonesian harus meng-upgrade dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk meningkatkan pelayan kepada penumpang,” kata Heru, dalam rilis resmi Bandara Juanda.

“Merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat mendapatkan akreditasi kepada Bandara Internasional Juanda untuk terkait pelayanan kepada penumpang. ISO 9001:2015 merupakan update dari ISO 2008 karena tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang selalu berharap adanya peningkatan pelayanan dan sertifikat ini menunjukkan komitmen dari Bandara Internasional Juanda,” kata perwakilan Lloyd Register Indonesia, Jason Flanagan.

Beberapa tahun lalu Bandara Juanda juga meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Sertifikat tersebut bahkan disebut-sebut menjadikan Juanda sebagai satu-satunya bandar udara berstandar internasional tahun 2016 lalu. Akan tetapi sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 tersebut diberikan hanya untuk Terminal 2 Bandara Juanda.

Ada beragam aspek layanan yang telah dinilai dari terminal yang beroperasi sejak tahun 2014 tersebut, yakni proses check in, pemeriksaan terhadap orang dan barang, fasilitas ruang tunggu, garbarata, dan fasilitas umum lainnya. Bahkan adanya layanan Langgam Jawa juga dianggap menambah kenyamanan penumpang selama berada di sana.

“Satu-satunya bandara di Indonesia yang terstandardisasi internasional adalah Bandara Juanda Surabaya ini. Namun hanya untuk Terminal 2. Bukan Terminal 1,” ungkap Operation Director PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose beberapa tahun lalu.