Rabu, 24 Oktober 2018

Usai Juanda, Bandara Kertajati Buka Rute Penerbangan Baru ke Semarang & Bandar Lampung

Bandung – Setelah membuka rute dari dan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati akan membuka 2 rute penerbangan baru, mulai awal November 2018 depan. Kedua rute yang dibuka itu adalah Semarang dan Bandar Lampung atau sebaliknya, dilayani oleh maskapai penerbangan TransNusa.

“Rute baru yang dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa itu akan dimulai pada awal November 2018,” kata Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra, Jumat (19/10), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Virda memaparkan bahwa pihaknya sengaja menambah 2 rute baru ke Semarang dan Bandar Lampung ini karena melihat besarnya kebutuhan dan potensi pasar yang ada. Misalnya saja untuk destinasi Semarang yang dilayani oleh TransNusa dapat menyasar daerah lain di wilayah tengah. Sedangkan Bandar Lampung juga diharapkan dapat merintis penerbangan lain menuju Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh, hingga Batam.

“Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik ke depannya baik itu untuk BIJB dan TransNusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari (Bandara) Kertajati,” papar Virda.

Pada permulaan, TransNusa akan melayani penerbangan dari BIJB sebanyak 2 kali dalam seminggu, yakni hari Minggu dan Senin. Jadwal penerbangan dari Kertajati ke Bandar Lampung diberangkatkan pukul 06.30 WIB dengan waktu tempuh 1 jam. Sedangkan dari Bandar Lampung ke Kertajati diberangkatkan jam 07.50 WIB dan mendarat pukul 08.50 WIB.

Sementara itu rute penerbangan dari Kertajati ke Semarang dilayani jam 09.10 WIB dan mendarat pukul 09.55 WIB. Kemudian penerbangan dari Semarang berangkat pada pukul 17.25 WIB dan dijadwalkan tiba pada pukul 18.10 WIB. “Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat,” ucap Virda.

Seperti diketahui, sebelumnya Bandara Kertajati telah melayani penerbangan domestik setiap hari menuju Surabaya sejak Juni 2018 lalu. Lalu yang terbaru adalah penerbangan internasional direct Kertajati-Madinah oleh maskapai Lion Air pada (13/10) lalu.

Hingga kini pihak BIJB terus membidik rute-rute lain seperti Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Makassar, serta penerbangan internasional ke Singapura, Malaysia, China, dan Jepang. “Karena kita targetkan diawal pengoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati,” tuturnya.