Senin, 22 Oktober 2018

Urung via Surabaya, Wings Air Buka Rute Semarang-Karimunjawa

KARIMUNJAWA – Beberapa waktu lalu, maskapai Wings Air dikabarkan tengah menjajaki penerbangan langsung yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Karimunjawa via Bandara Internasional Juanda. Namun, rencana tersebut urung terealisasi karena maskapai ini lebih memilih untuk membuka rute Semarang-Karimunjawa PP.



Wings Air resmi membuka penerbangan komersial rute Pulau Karimunjawa-Semarang mulai tanggal 12 Oktober 2018 kemarin secara reguler setiap hari. Rute penerbangan dari Bandara Ahmad Yani dilakukan setiap harinya pukul 11.20 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Dewandaru, Karimunjawa, sekitar pukul 11.50 WIB. Untuk rute kembali, pesawat bertolak dari Karimunjawa pukul 12.30 WIB dan diperkirakan tiba di Semarang sekitar pukul 12.40 WIB.

“Momen rute baru merupakan pencapaian luar biasa bagi Wings Air. Kehadiran rute baru ini bagian dari kesungguhan Wings Air dalam mendekatkan jarak tanpa harus transit,” kata Operation Director Wings Air, Captain Redi Irawan. “Kami akan lebih banyak membawa wisatawan ke Karimunjawa seiring dengan tingginya permintaan pasar.”

Sebelumnya, anak usaha Lion Air tersebut dikabarkan berniat membuka rute penerbangan dari Pulau Karimunjawa menuju Surabaya PP. Wings Air sengaja memilih Kota Pahlawan lantaran kota ini telah terkoneksi dengan destinasi lainnya, selain rute penerbangan Lion Air Group dari dan ke Surabaya memang cukup banyak.

“Pulau Karimunjawa itu memiliki potensi wisata yang bagus, sudah ada bandaranya juga, jadi kami akan kaji dulu,” ujar Direktur Komersial Wings Air, Rudy Lumingkewas, beberapa waktu lalu. “Dengan dibukanya penerbangan langsung ke Karimunjawa, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan para wisatawan dibandingkan lewat transportasi darat atau laut.”

Dengan batalnya Wings Air terbang ke Pulau Karimunjawa, saat ini hanya ada satu maskapai yang melayani rute Surabaya-Karimunjawa yaitu Airfast Indonesia. Rute ini dilayani empat hari kerja, mulai Senin hingga Kamis saja. Penerbangan dari Karimunjawa dilakukan pada Senin dan Rabu, sedangkan penerbangan dari Kota Pahlawan dilakukan Selasa dan Kamis.