Minggu, 14 Oktober 2018

Surabaya Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Populer Versi Google

Jakarta – Raksasa teknologi Google belum lama ini merilis laporan tren industri perjalanan terbaru. Dalam riset tersebut menampilkan seperti apa orang Indonesia mencari dan membeli produk perjalanan. Data Google itu menampilkan tren pencarian yang berhubungan dengan traveling mengalami kenaikan hingga 30% selama periode Januari 2017 sampai Juli 2018. Di samping itu, Google juga merilis daftar 10 kota di Indonesia dan luar negeri yang paling dicari untuk traveling.



Berdasarkan laporan Google Trends, 8 dari 10 destinasi yang paling banyak dicari untuk liburan rupanya ada di Pulau Jawa, pasalnya destinasi tersebut lebih mudah dijangkau oleh para pelancong yang berasal dari Pulau Jawa Pula. Kesepuluh kota yang paling dicari untuk tujuan wisata antara lain Bandung, Yogyakarta, Badung (Kuta), Surabaya, Malang, Semarang, Bogor, Medan, dan Bandung Barat (Lembang).

Bahkan menurut Industry Manager Google Indonesia Zulfi Rahardian, dari semua destinasi ternyata Kota Malang mengalami peningkatan pencarian terbesar selama 2 tahun terakhir. “Mungkin karena semakin banyak obyek dan atraksi wisata di Malang terutama di Batu. Apalagi Batu juga berhawa sejuk sehingga banyak dicari untuk melepas penat. Akses ke Malang juga terbilang mudah dari kota-kota lain di wilayah Jawa Timur,” jelas Zulfi, seperti dilansir Republika.

“Labuan Bajo dan Sumba juga meningkat. Komodo masih populer, tapi pengguna internet juga mulai coba mengeksplorasi Sumba Barat dan Timur,” sambung Zulfi. Sementara itu, untuk domisili warganet atau netizen yang melakukan pencarian destinasi liburan mayoritas masih berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Akan tetapi netizen di kota-kota secondary cities seperti Pekanbaru, Balikpapan, dan Kuta juga mengalami peningkatan besar terkait kata kunci pencarian yang berkaitan dengan travel, naik 48% pada Juli 2018 berbanding Januari 2017. Saat sudah tiba di tempat tujuan pun netizen Indonesia masih memanfaatkan internet untuk melakukan pencarian. “Misalnya, dalam mencari obyek-obyek wisata, restoran atau kafe, dan tempat berbelanja seperti shopping mall karena orang Indonesia doyan belanja,” tuturnya.

Sedangkan destinasi mancanegara yang paling banyak dicari ternyata ada di luar wilayah Asia Tenggara, antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, Hong Kong, Dubai, Seoul, Sydney, Paris, serta Melbourne. Zulfi mengungkapkan, pertumbuhan pencarian paling tinggi di Google adalah destinasi Tokyo.