Kamis, 11 Oktober 2018

Surabaya Jadi Destinasi Wisata Favorit Wisatawan di Brunei Travel Fair 2018

Bandar Seri Begawan – Dalam acara Brunei Travel Fair 2018, rupanya brand yang diusung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Wonderful Indonesia mencapai kesuksesan cukup membanggakan. Pasalnya masyarakat Brunei Darussalam rupanya banyak yang tertarik untuk berwisata ke Surabaya. Dalam acara yang diselenggarakan pada 6-7 Oktober 2018 lalu tersebut terdapat setidaknya 15.000 pengunjung, melonjak 1.400 orang dari tahun lalu.

Pada tahun ini, Brunei Travel Fair diikuti oleh 5 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Korea Selatan. Sementara itu, Wonderful Indonesia melibatkan beberapa industri yang bergerak di bidang pariwisata agar dapat menggaet lebih banyak wisatawan mancanegara asal Brunei seperti Aceh-Great Wall Tour (Aceh), Raun Sumatra T&T (Sumatera Barat), Exotic Java Trails (Jawa Barat), dan Merrys Tour Bali (Bali). Sedangkan untuk Jawa Timur diwakili Muriya Tour/Arrland Leisure, PT Hadd Travel Indonesia, Elveka T&T, hingga Pelita LCTT.

“Kami gembira dengan besarnya minat pasar Brunei. Mereka sangat tertarik dengan destinasi Surabaya. Kondisi ini tentu menggembirakan. Sebab, aksesibilitas ke Surabaya sangat bagus. Surabaya juga banyak memberikan pilihan. Wisatawan juga bisa berkunjung ke destinasi lain di Jawa Timur,” kata Managing Director Muriya Tour Dony Hasiholan, Selasa (9/10), seperti dilansir Suaramerdeka.

Potensi kedatangan wisatawan Brunei ke Surabaya sebenarnya cukup besar, terlebih karena telah ada penerbangan langsung (direct flight) yang menghubungkan rute Bandar Seri Begawan dan Surabaya (via Bandara Internasional Juanda) yang dilayani sebanyak 5 kali dalam sepekan.

Surabaya pun menawarkan beragam destinasi wisata seperti Kawasan Jembatan Merah, Monumen Jalesveva Jayamahe, Museum Surabaya, Rumah Batik Surabaya, juga Hutan Bambu Sagano ala Surabaya. Wilayah Jatim pun cukup luas, ada banyak daerah lainnya yang bisa dikunjungi seperti kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru, Malang, dan Banyuwangi.

“Potensi terbaik dari Surabaya dan wilayah sekitarnya memang kami tawarkan. Publik Brunei langsung tertarik untuk rencana datang dan melihat langsung beragam keindahan di Surabaya dan sekitarnya. Terutama di Jawa Timur seperti Malang juga oke. Namun kami tentunya meminta kepada Dinas Pariwisata Jawa Timur untuk terus membantu bersinergi dalam mempromosikan Jawa Timur,” papar Doni.

Pada ajang Brunei Travel Fair 2018, Wonderful Indonesia berhasil membukukan 499 pax yang nilainya mencapai BND 273.173 atau sekitar Rp 2,9 miliar dengan potensi devisa yang kemungkinan bisa diraih adalah sebesar Rp 6,59 miliar. “Pasar Brunei ini sangat bergairah. Respons mereka sangat positif terhadap destinasi pariwisata Indonesia. Kami optimistis, jumlah kunjungan wisatawan Brunei akan terus bertambah. Secara profil, pasar Brunei menjanjikan,” kata Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni