Sabtu, 20 Oktober 2018

Rute Penerbangan Garuda Indonesia Surabaya-Jember PP Kembali Beroperasi

Jember – Penerbangan maskapai Garuda Indonesia yang sebelumnya sempat terhenti pada Kamis (18/10) akhirnya kembali beroperasi dari Bandara Notohadinegoro Jember menuju Bandara Juanda Surabaya pergi pulang (PP) pada hari Jumat (19/10) kemarin. Sebagai informasi, penerbangan dari Jember ke Surabaya dan sebaliknya dibatalkan karena adanya permasalahan teknis pada pesawat.

“Hari ini pesawat Garuda rute Surabaya-Jember kembali beroperasi normal dan tepat waktu sesuai jadwal, setelah sehari mengalami pembatalan penerbangan pada Kamis. Hari ini (Jumat) jumlah penumpang dari Surabaya-Jember sebanyak 45 orang, sedangkan dari Jember-Surabaya sebanyak 70 orang atau penuh, sehingga jumlah penumpang yang menuju Surabaya lebih banyak,” ujar Manajer Garuda Indonesia Wilayah Jember Heru Joko Satria di Kabupaten Jember, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Heru mengungkapkan bahwa semua penumpang Garuda yang berangkat pada Jumat kemarin bukanlah penumpang yang melakukan penjadwalan ulang. Pasalnya semua penumpang telah diantarkan ke Bandara Juanda ketika penerbangan dibatalkan Kamis (18/10) lalu. “Biasanya okupansi penumpang Garuda selama weekend sekitar 82 persen, namun saat akhir pekan justru rute Jember-Surabaya yang penuh karena penumpang Garuda kategori orang bisnis,” jelas Heru.

Heru pun mengharapkan agar penerbangan pesawat Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember PP ke depannya bisa berlangsung dengan lancar tanpa adanya pembatalan penerbangan untuk melayani masyarakat yang hendak bepergian dengan moda transportasi udara. Akan tetapi, apabila terjadi perbaikan pesawat dan hal teknis lainnya, pihaknya akan lebih mengutamakan keselamatan penerbangan.

Jadwal penerbangan rute Jember-Surabaya di Bandara Notohadinegoro Jember dilayani sebanyak 2 kali sehari, yaitu oleh Garuda Indonesia yang menerbangi Surabaya-Jember pada pukul 08.50-09.45 WIB dan Jember-Surabaya jam 10.20-11.15 WIB. Lalu ada juga maskapai Wings Air yang melayani penerbangan rute Surabaya-Jember pukul 11.00-11.50 WIB dan rute Jember-Surabaya memiliki jadwal keberangkatan pukul 12.15-13.10 WIB.

Salah satu warga Jember, Elya Anggraini berharap Garuda juga membuka rute lain di Bandara Notohadinegoro, misalnya rute Jember-Jakarta. Agar penumpang yang hendak ke Jakarta tak perlu transit terlebih dahulu di Bandara Juanda. “Saya berharap ada penerbangan rute Jember-Jakarta, sehingga Jember tidak kalah dengan Kabupaten Banyuwangi yang lebih dulu memiliki rute penerbangan ke Jakarta,” ucapnya.