Selasa, 16 Oktober 2018

Bandara Juanda Kini Dilengkapi Fasilitas Check-in Mandiri

SURABAYA – Beberapa waktu yang lalu, Bandara Internasional Juanda telah menerima pengakuan internasional sebagai bandara paling tepat waktu se-Asia Tenggara. Nah, untuk meningkatkan layanan kepada penumpang dan menjaga performa on-time ini, bandara yang berlokasi di Sidoarjo tersebut saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas check-in mandiri.

Seperti dikutip dari situs resmi Bandara Juanda, fasilitas check-in mandiri sebenarnya telah beroperasi sejak tanggal 19 September 2018 kemarin. Fasilitas ini diklaim akan mempermudah penumpang yang bepergian tanpa bagasi tercatat atau hanya membawa tas bawaan di dalam kabin yang semula dilakukan di counter check-in.

Menurut akun Twitter resmi Bandara Juanda, fasilitas check-in mandiri telah tersedia sebanyak 4 unit di area Terminal 1A dan t unit di area Terminal 1B, tepatnya di sekitar lobi keberangkatan. Sementara, di Terminal 2, saat ini sudah tersedia 5 unit fasilitas check-in mandiri yang berlokasi di area check-in sesudah pemeriksaan dokumen perjalanan oleh Airport Security.

“Kami optimistis fasilitas baru ini akan mempercepat proses keberangkatan penumpang dan mengurangi antrean di counter check-in,” tutur General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Heru Prasetyo, beberapa waktu lalu. Dengan pendekatan teknologi seperti ini, kami berharap mampu memudahkan para penumpang, memperlancar arus, sehingga dapat berdampak pada on-time performance bandara maupun maskapai.”

Cara menggunakan fasilitas ini sangat mudah. Pertama, calon penumpang cukup memilih maskapai penerbangan yang akan digunakan, lalu pilih ‘Lanjutkan’ dan ‘Check-in’. Setelah itu, masukkan kode booking yang Anda miliki dan pastikan data di layar sesuai data Anda. Kemudian, cetak boarding pass. Bagi penumpang tujuan luar negeri, Anda diharuskan memindai paspor. Setelah itu, boarding pass akan tercetak secara otomatis. Batasan waktu untuk menggunakan fasilitas check-in mandiri adalah 1 jam sebelum jam penerbangan.

“Fasilitas check-in mandiri ini sangat membantu penumpang,” ujar Dini, salah seorang penumpang di Terminal 2 Bandara Juanda. “Prosesnya mudah dan yang terpenting sangat efisien dari segi waktu, terutama bagi yang bepergian tanpa bagasi langsung check-in tanpa harus antre di counter chek-in terlebih dahulu.”