Kamis, 20 September 2018

Mulai Besok Tarif Tol Waru-Juanda untuk Kendaraan Pribadi Naik, Ini Rinciannya

Surabaya – Mulai hari Jumat, 21 September 2018 besok pukul 00.00 WIB, tarif Tol Waru-Juanda akan naik. Kenaikan tarif Tol Waru-Juanda ini akan diberlakukan bagi kendaraan golong I atau kendaraan pribadi dan golongan II.

Dengan demikian, setiap kendaraan pribadi yang hendak melintasi ruas jalan tol menuju Bandara Internasional Juanda dan Kawasan Industri Berbek dan Rungkut Surabaya ini mulai besok harus membayar tarif tol yang lebih mahal dari biasanya. “Sebenarnya tidak terlalu signifikan kenaikan ini karena hanya berlaku golongan I dan II,” jelas Humas PT Citra Margatama Surabaya Zulkhair, Rabu (19/9), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Zulkhair menjelaskan jika kenaikan tarif Tol Waru-Juanda tidak terlalu besar. Adapun biaya tol untuk kendaraan pribadi naik sebesar Rp 500 dari Rp 7.500 menjadi Rp 8.000 mulai Jumat besok. Sementara itu tarif tol kendaraan golongan II juga naik sebesar Rp 1.000 dari Rp 11.000 menjadi Rp 12.000.

Akan tetapi pihak PT Citra Margatama Surabaya tidak menaikkan tarif tol untuk kendaraan golongan III ke atas. Tarif Tol Waru-Juanda untuk kendaraan golongan III sampai golongan V justru disebutkan mengalami penurunan. Tarif di ruas jalan Tol Waru-Juanda untuk kendaraan golongan III turun dari Rp 15.000 menjadi Rp 13.000, kemudian tarif tol kendaraan golongan IV turun dari Rp 18.000 menjadi Rp 16.000, dan yang mengalami penurunan paling signifikan adalah tarif tol untuk kendaraan golongan V dari Rp 22.000 menjadi Rp 16.000 saja.

Langkah penurunan tarif untuk kendaraan mulai golongan III sampai V itu rupanya bukan tanpa alasan. Pihak PT CMS selaku operator jalan tol swasta di Surabaya ini ingin mendongkrak angkutan barang di ruas Tol Waru-Juanda.

“Kami ingin memberi layanan terbaik dan mendorong angkutan barang bisa memanfaatkan ruas tol. Ini seiring semangat bersama untuk menekan biaya ongkos kirim barang. Makanya golongan III ke atas tarifnya turun,” beber Zulkhair. PT CMS pun hingga kini telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dengan memasang spanduk besar di setiap pintu masuk Tol Waru-Juanda terkait penyesuaian tarif tol tersebut.