Sabtu, 15 September 2018

Jalin Kerja Sama, Garuda Indonesia Kini Berbagi Rute Penerbangan dengan Citilink

Jakarta – Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama anak perusahaannya, Citilink Indonesia menandatangani kerjasama strategis. Dalam kerjasama tersebut, baik Garuda dan Citilink sepakat untuk mengembangkan jaringan penerbangan dan pemanfaatan distribution channel yang dimiliki oleh masing-masing.

Dengan adanya kerjasama ini, Garuda dan Citilink akan berbagi penerbangan di 3 rute, antara lain Surabaya-Balikpapan (via Bandara Internasional Juanda), Denpasar-Balikpapan, dan Denpasar-Dili dengan skema code share.

“Kadang-kadang untuk kita melakukan pengembangan network itu kita punya keterbatasan resources. Pesawat kita terbatas, kru kita terbatas. Jadi kalau mau semua rute kita terbangin seluruh Indonesia tentunya tidak akan mungkin,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Mansury, di Tangerang, Senin (10/8), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Pahala mengakui, lewat kerjasama ini bisa meningkatkan sinergitas antar kedua perusahaan. “Ngapain kita saingan sama Citilink. Intinya berteman, kita bisa kerja sama memanfaatkan sumber daya satu grup, memanfaatkan kualitas layanan yang seamless, Citilink enggak perlu terbang dari Balikpapan ke Berau karena sudah ada Garuda di sana,” bebernya.

Nantinya para penumpang juga bisa mengombinasikan rute-rute tersebut dengan rute yang dimiliki oleh Garuda seperti Surabaya-Berau atau Tarakan via Balikpapan, Denpasar-Tarakan via Balikpapan dan Jakarta-Dili via Denpasar. Kesepakatan berikutnya adalah transfer ketika irregularity untuk upaya delay management. Dengan demikian, Garuda dan Citilink bisa saling transfer penumpang ketika sedang ada delay penerbangan.

Kerjasama lain diwujudkan lewat kemudahan para pengguna Citilink untuk dapat membeli tiket pesawat Citilink di sales outlet dan gerai yang dimiliki Garuda Indonesia. “Akan menjadi value-driven aviation group dengan pencapaian target value group sebesar USD 3,2 miliar pada tahun 2020,” papar Pahala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo menjelaskan, kerjasama antara induk dan anak perusahaan ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan penumpang dan memperluas jaringan Citilink dan Garuda Indonesia. “Diharapkan hal ini juga dapat memperlihatkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai Premium Low Cost Carrier di Indonesia yang sedang melebarkan sayapnya di kawasan Asia dan regional,” pungkas Juliandra.