Minggu, 09 September 2018

Batik Air Resmi Layani Rute Penerbangan Langsung Surabaya-Labuan Bajo

Sidoarjo – Maskapai penerbangan Batik Air resmi membuka rute penerbangan baru dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (7/9) siang lalu. Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini mempermudah akses wisatawan yang hendak bepergian ke Pulau Komodo dari yang awalnya hanya 1 kali penerbangan dalam seminggu menjadi hampir setiap hari ke Pulau Komodo.



Penerbangan Batik Air rute Surabaya-Labuan Bajo ini dilayani setiap hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sebelumnya sudah ada rute serupa yang dilayani oleh Wings Air hanya pada hari Selasa. Batik Air terbang perdana dari Bandara Juanda ke Labuan Bajo pada Jumat (7/9) lalu menggunakan pesawat bernomor penerbangan ID6130.

Pesawat diberangkatkan dari Bandara Juanda pada pukul 11.10 WIB dengan mengangkut 142 penumpang dan mendarat di Bandara Komodo pada jam 13.40 WITA. Jarak tempuh dari Bandara Juanda ke Labuan Bajo sekitar 1,5 jam. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya dari Labuan Bajo diberangkatkan pada pukul 14.25 WITA dan mendarat di Surabaya jam 14.55 WIB.

“Sangat potensial dan menjanjikan penerbangan ke Labuan Bajo. Ada Pulau Komodo dan banyak lagi destinasi wisata alam indah di sana. Wilayah ini akan dijadikan keajaiban dunia. Minat wisatawan domestik dan internasional terkait wisata di Indonesia bagian Timur seperti Labuan Bajo sangat tinggi dan diharapkan dengan penerbangan perdana ini dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan domestik di Indonesia,” ujar Direktur Utama Batik Air Ahmad Lutfie, seperti dilansir Tribunnews.

Batik Air melayani penerbangan langsung atau direct flight ke Labuan Bajo menggunakan armada pesawat Airbus 320-200 tanpa perlu transit di Bandara Ngurah Rai Denpasar seperti selama ini. “Saat pembukaan perdana ini, pesawat kami membawa 142 penumpang dari kapasitas seat 150. Artinya animo orang dari Surabaya ke Labuan Bajo tinggi. Umumnya memang para pelancong,” ungkap Lutfie.

Harga tiket pesawat Batik Air rute Surabaya-Labuan Bajo pun kini menjadi lebih terjangkau, dari yang sebelumnya Rp 1,4 juta kini dibanderol Rp 1,2 juta. Pihak manajemen PT Angkasa Pura (AP) I pun mendukung dibuka rute penerbangan baru Batik Air tersebut. “Kami senantiasa berupaya menjadi mitra pemerintah untuk mendorong promosi pariwisata daerah, secara kapasitas dan operasional Bandara Juanda siap melayani tambahan penerbangan dengan destinasi wisata seperti Labuan Bajo,” tutur General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo.