Rabu, 19 September 2018

Bandara Juanda Raih Penghargaan Prima Madya dari Kemenhub

Jakarta – Sebanyak 13 bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I berhasil menyabet penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018.

Dalam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ini ada 3 kategori, antara lain Kategori Pelayanan Prima Utama, Kategori Pelayanan Prima Madya, dan Kategori Pelayanan Prima Pratama.

Bandar udara yang meraih penghargaan kategori Prima Utama antara lain Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Sementara itu, untuk Kategori Prima Madya berhasil diraih oleh Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Lombok Praya, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Sedangkan Bandara Frans Kaisiepo Biak meraih penghargaan Kategori Pelayanan Prima Pratama. “Penghargaan ini merupakan wujud komitmen kami yang senantiasa meningkatkan pelayanan kepada publik,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Selasa (18/9), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Faik menambahkan jika pekan lalu 3 bandara pengelolaannya juga baru saja memperoleh penghargaan tingkat internasional dalam ajang Airports Service Quality (ASQ) 2017 dari Airports Council International (ACI) di Halifax-Kanada.

“Setelah minggu lalu, tepatnya tanggal 12 September 2018, tiga bandara Angkasa Pura I menerima trofi penghargaan Airports Service Quality (ASQ) 2017 dari Airports Council International (ACI) di Halifax-Kanada, hari ini seluruh bandara Angkasa Pura I kembali meraih penghargaan. Kali ini Penghargaan Pelayanan Prima unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan tahun 2018. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen kami yang senantiasa meningkatkan pelayanan kepada publik,” tutur Faik.

Faik menilai bahwa diraihnya penghargaan dari Kemenhub ini menunjukkan jika standar pelayanan di bandara-bandara PT AP I sudah semakin merata. “Ini sejalan dengan aktivitas bisnis Angkasa Pura I yang mengutamakan pada pelayanan bersama dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” paparnya.

Ia pun berterima kasih sekaligus menyampaikan apresiasinya terhadap manajemen PT AP I yang selama ini sudah berusaha melayani konsumen semaksimal mungkin. “Hal ini juga akan semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa bandara,” tutupnya.