Minggu, 16 September 2018

Bandara Juanda Bangun Apron Baru untuk Pesawat Narrow Body & Helipad

Sidoarjo – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda rupanya membangun apron baru untuk pesawat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Pada Rabu (12/9) lalu, PT AP I Juanda mengadakan rapat verifikasi dan validasi koordinat parking stand pada apron baru Bandara Juanda.


Rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat EOC Bandara Juanda yang dihadiri oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Juanda, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Pusat yang diwakili oleh I Nyoman Noer Rohim, tim pendamping dari LPPNPI, tim verifikasi lapangan Direktorat Navigasi Penerbangan, dan tim dari PT Brantas Abipraya.

Sehari sebelumnya, Selasa (11/9), pihak manajemen sudah melakukan inspeksi apron baru yang berada di belakang Terminal Cargo Bandara Internasional Juanda dengan keseluruhan tim pendamping. Apron baru tersebut rencananya memiliki kapasitas 7 parking stand untuk pesawat berjenis narrow body dan 1 helipad yang nantinya berfungsi mendukung pelaksanaan acara IMF-World Bank Annual Meeting 2018 pada bulan Oktober mendatang.

Pada tanggal 19 September 2018 mendatang rencananya akan dilakukan verifikasi oleh Dirjen Perhubungan Udara sehubungan dengan apron baru Bandara Juanda. Dibangunnya apron baru ini dapat menambah jumlah kapasitas apron di Bandara Juanda menjadi 51 parking stand yang mencakup 37 parking stand di Terminal 1 dan 14 parking stand di Terminal 2.

Tak hanya membangun apron baru saja, PT AP I Juanda diketahui sedang merampungkan proyek overlay runway atau penggantian aspal total di landasan pacu Bandara Juanda. Hingga bulan Agustus lalu progres pengerjaan overlay telah mencapai lebih dari 60%. Pembangunan overlay runway dilanjutkan ketika penerbangan haji memasuki masa lengang. “Karena tak lagi digunakan untuk aktivitas penerbangan dini hari, maka proyek overlay dilanjutkan seperti biasa,” ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Juanda, Heru Prasetyo, seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, sisa pengerjaan overlay runway atau landasan pacu Bandara Juanda ini akan terus dikerjakan hingga pertengahan tahun 2019 mendatang. “Optimistis bisa selesai,” tandas Heru Prasetyo.