Senin, 27 Agustus 2018

Selasa Dini Hari, 450 Jamaah Haji Bakal Mendarat di Bandara Juanda

SURABAYA – Tiga kloter (kelompok terbang) jamaah haji asal Jawa Timur dijadwalkan akan mendarat di Bandara Internasional Juanda pada Selasa (28/8) dini hari WIB dari Arab Saudi. Ketiga kloter tersebut akan berangkat pada Senin (27/8) pagi dan siang waktu Jeddah dari Tanah Suci, yang semuanya total berjumlah 450 orang.



“Ketiga kloter jamaah haji tersebut adalah jamaah asal Kabupaten Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Ketiganya akan berangkat Senin pagi dan siang hari waktu Jeddah,” jelas Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Markus, dilansir Tribun Jatim. “Para petugas sudah disiapkan, baik dari tim pemeriksa kesehatan atau medis, keamanan, maupun keimigrasian.”

Markus melanjutkan, kloter pertama merupakan jamaah haji asal Situbondo yang akan tiba di Bandara Juanda pada Selasa pukul 00.10 WIB. Kemudian, disusul kloter kedua yang merupakan jamaah haji asal Bondowoso yang akan mendarat di Bandara Juanda pada pukul 04.30 WIB. Terakhir, kloter ketiga adalah jamaah haji dari Bondowoso dan Situbondo yang akan mendarat 30 menit kemudian. “Ketiga kloter ini akan diantarkan ke Asrama Haji Sukolio dua jam usai mendarat di bandara,” sambung Markus.

Sementara itu, berdasarkan catatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Bandara, selain Surabaya, jamaah haji yang dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada Senin ini adalah dari Palembang, Jakarta-Bekasi, Padang, dan Solo. Total, jamaah haji yang akan pulang dari Tanah Suci pada penerbangan awal pekan ini sebanyak 6.026 jamaah.

“Mereka kebanyakan tinggal di hotel di wilayah Jarwal, dan masing-masing satu kloter di wilayah Misfalah, Mahbas Jin, dan Aziziah,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jemaah Daker Bandara, Muhammad Syarief. “Sebanyak 140 unit bus dari berbagai perusahaan akan mengangkut mereka dari hotel.”