Kamis, 16 Agustus 2018

Penerbangan Haji Kloter Terakhir di Bandara Juanda Berlangsung Lancar

Surabaya – Kloter calon jemaah haji terakhir embarkasi Surabaya, yakni kloter 83 telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu (15/8) kemarin pukul 07.25 WIB. Kloter terakhir yang diberangkatkan tersebut terdiri dari 340 jemaah yang merupakan gabungan dari 17 daerah kabupaten dan kota se-Jatim.

CJH kloter terakhir embarkasi Surabaya ini berasal dari berbagai daerah seperti Kota Surabaya, Kota Malang, Tulungagung, Sumenep, Sidoarjo, Probolinggo, Mojokerto, Magetan, Madiun, Lumajang, Kediri, Gresik, Bangkalan, Bondowoso, Jombang, Pamekasan, dan Trenggalek. “Karena berangkat terakhir, bapak ibu semua juga pulang belakangan. Semoga lancar selamat dan menjadi haji mabrur. CJH Embarkasi Surabaya sudah pulang mulai 27 Agustus 2018 besok,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim selaku ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Syamsul Bahri, seperti dilansir Tribunnews.

Syamsul juga mendoakan supaya para jemaah haji dapat kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur. “Alhamdulillah dari kloter 1 sampai 83, jamaah haji selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur,” ungkap Syamsul.

Syamsul juga meminta jemaah untuk menjaga nama baik bangsa Indonesia selama berada di Tanah Suci, selain juga agar meluruskan niat ibadah haji karena berharap rida Allah SWT. Di samping itu, jemaah juga didoakan agar diberi kelancaran dan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. “Jaga kondisi kesehatan, nama baik diri, keluarga, serta nama baik bangsa Indonesia. Jangan lupa luruskan niat ibadah haji lillahi ta’ala,” bebernya.

Kloter 83 embarkasi Surabaya diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda ke Jeddah, Mekah menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5215 pukul 07.25 WIB. Syamsul juga berterima kasih pada seluruh komponen yang sudah bekerjasama bertanggungjawab dalam kelancaran pemberangkatan jemaah calon haji embarkasi Surabaya. “Alhamdulillah, tidak ada persoalan yang berarti, semua dapat diselesaikan berkat kerja sama semua komponen yang bertanggung jawab pada pemberangkatan ibadah haji ini,” ujarnya.

Sampai pemberangkatan kloter terakhir, Bandara Juanda telah memberangkatkan embarkasi Surabaya sebanyak 37.050 orang yang terdiri dari CJH Jawa Timur sebanyak 35.287 orang, Bali 694 orang, NTT 654 orang, dan 415 petugas haji yang mendampingi jemaah.