Selasa, 14 Agustus 2018

Maskapai Thai Smile Jajaki Penerbangan ke Surabaya & Medan

SURABAYA – Untuk memperluas ekspansi, maskapai asal Thailand, Thai Smile, berencana membuka penerbangan ke Indonesia. Sister company dari Thai Airways tersebut dikabarkan akan melakukan penerbangan menuju dua kota besar di Tanah Air, yaitu Surabaya dan Medan. Sayangnya, belum diketahui secara pasti kapan rute tersebut akan beroperasi.

“Thai Smile mau masuk ke Indonesia, rencananya ke Medan dan Surabaya. Kami sudah menjajaki memang ada rencana ke Semarang, Yogyakarta, Solo, Makassar, dan kota-kota lain. Tetapi, kami fokus di Medan dan Surabaya,” ujar District Sales Manager Thai Airways, Azis Maliki. “Pasalnya, baik Medan maupun Surabaya memiliki potensi market yang bagus.”

Azis menambahkan, untuk di Medan, pihak maskapai sudah mendapatkan slot time-nya dan nomor penerbangan. Namun, di Surabaya, masih belum memperoleh slot karena jadwal di Bandara Internasional Juanda cukup penuh. “Kami bisa provide untuk rute jarak pendek seperti Medan-Bangkok, karenanya pasarnya bagus,” sambung Azis.

Jika jadi beroperasi, Thai Smile rencananya bakal terbang ke dua kota tersebut menggunakan pesawat narrow body Airbus 320. Kapasitas bangku pesawat Airbus 320 ini berkisar 150 penumpang dengan jenis kelas ekonomi. “Thai Smile itu memang low cost carrier (LCC), tetapi premium low carrier. Kalau LCC, tidak ada seat number dan nggak ada makanan,” tambah Azis.

Terlepas dari rencananya penerbangan ke Indonesia, pada bulan Mei 2018 kemarin, Thai Airways International Public Company Limited baru saja mengantongi izin dari Office of the National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) Board untuk menayangkan Live TV on Board. Jadi, para penumpang bisa tetap update dengan berita terkini dunia lewat channel CNN, BBC, dan NHK, bahkan menonton pertandingan olahraga tim kesayangan di saluran Sport 24.

Layanan ini sudah bisa dinikmati sejak tanggal 14 Juni 2018 di 12 pesawat Airbus A350-900 yang beroperasi dari dan ke Chiang Mai, Singapura, Seoul, Tokyo, Osaka, Beijing, Shanghai, Roma, Milan, dan Belgia. Selain itu, juga disediakan di 8 pesawat Boeing 787-8 dan Boeing 787-9 yang terbang dari dan ke Tokyo, Taipei, Dubai, Vienna, Brisbane, Auckland, Manila, Chiang Mai, dan Jakarta.